Cegah Korupsi, Kejati Jambi Teken MoU Bersama PT Pelni II

Kejaksaan Tinggai Jambi melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Jambi.

ist
Kejaksaan Tinggai Jambi melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Jambi dengan Kejati Jambi mengenai penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha negara. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Kejaksaan Tinggi Jambi melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Jambi mengenai penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha negara.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Judhi Sutoto dalam sambutannya mengatakan masyarakat pada umumnya menganggap tugas dan wewenang Kejaksaan hanyalah di bidang pidana yaitu melakukan penuntutan perkara pidana. Baik yang diajukan oleh penyidik baik dari Polri maupun dari PPNS serta melakukan penyidikan dan penuntutan terhadap tindak pidana tertentu.

"Padahal masih ada peranan wewenang dan tugas Kejaksaan selain di bidang pidana tersebut yaitu di bidang perdata dan tata usaha negara," ungkapnya, Kamis (25/6).

Relaksasi Pendidikan, Wali Kota Jambi Rancang Aturan Ini Agar Siswa Bisa Masuk Sekolah

Jambi Rawan Narkoba, BNN Sarankan Pemkot Sungai Penuh Tes Urine Massal untuk PNS

Dijelaskasn Judhi, di bidang perdata dan tata usaha negara, Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah.

"Kejaksaan juga dapat memberikan pertimbangan dalam bidang hukum kepada instansi pemerintah lainnya," katanya.

Penandatangan MOU bersama itu juga merupakan sebuah ikhtiar untuk perang melawan korupsi yaitu dengan melakukan pencegahan.

"Pinsipnya sederhana daripada uang negara terkuras untuk menindak pelaku korupsi sebaiknya kita mencegah orang untuk berperilaku korup," sebutnya.

Selain itu, yang perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan tugas dan wewenang Kejaksaan di bidang Datun, seorang Jaksa pengacara negara bertindak untuk kepentingan pihak yang memberikan kuasa. Sedangkan sebagai seorang jaksa penuntut umum bertindak atas nama negara.(dnu)
 

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved