Pelayanan di Dukcapil Kota Jambi Kembali Dibuka, Masyarakat Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Terkait pembatasan warga yang ingin melakukan pembuatan KTP, KK, maupun Akte ia mengatakan pembatasan yang dilakukan pihaknya tergantung kondisi dan s

tribunjambi/rohmayana
Mulyadi Yatub, Kepala Dinas Dukcapil Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi, akhirnya buka kembali.

Beberapa waktu lalu kepengurusan untuk pembuatan KTP, KK, akta kelahiran dan lain sebagainya hanya dapat dilakukan melalui online.

Kadis Dukcapil Kota Jambi Mulyadi Yatub, mengatakan bahwa terkait pelayanan adminduk dengan perkembangan kondisi situasi saat ini yaitu, pra new normal ada beberapa perubahan yang dilakukan pihaknya.

LIVE STREAMING Penahanan Mantan Pimpinan DPRD Jambi oleh KPK

Pemprov Jambi dan Bengkulu Sepakat Buka Dua Ruas Jalan Baru Penghubung Kedua Wilayah, Ini Lokasinya

VIDEO Mahfud MD: Pemerintah Tidak Bisa Cabut RUU HIP

Terhitung pada 8 Juni 2020 sudah dibuka kembali pelayanan perekaman e-KTP dengan tatap muka.

Meski layanan dukcapil kembali dibuka dengan tatap muka, hal itu hanya dapat dilakukan kepada masyarakat yang datang ke kantor Dukcapil Kota Jambi dengan menerapkan protokol kesehatan, protokol kesehatan yang wajib digunakan masyarakat di antaranya harus memakai masker, di cek suhu tubuh dengan thermogun, mencuci tangan dengan hand sanitizer, serta petugas operator perekaman harus memakai alat pelindung diri (APD).

"Masyarakat dan petugas harus menerapkan protokol kesehatan karena, saat perekaman KTP elektronik itu krusial untuk menggunakan protokol kesehatan, karena petugas bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata Mulyadi, Selasa (23/6/2020).

Ia juga menjelaskan untuk pelayanan KK dan akta Catatan Sipil, saat ini pihaknya membuka 2 metode pelayanan diantaranya, bisa melalui WhatsApp, dan juga bisa datang langsung ke kantor Dukcapil.

"Kita siap kan 2 metode untuk pembuatannya, bisa lewat WhatsApp dan juga langsung datang ke kantor," jelasnya.

Terkait pembatasan warga yang ingin melakukan pembuatan KTP, KK, maupun Akte ia mengatakan pembatasan yang dilakukan pihaknya tergantung kondisi dan situasi saat itu.

"Artinya yang bisa masuk ke ruangan pelayanan yang kita atur jumlahnya, sesuai kursi tunggu yang tersedia, dan sudah diberi tanda batas-batas duduknya," ujarnya.

Mulyadi juga menegaskan Kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan kepengurusan di kantor Dukcapil Kota Jambi, agar mematuhi protokol kesehatan, dan bagi masyarakat yang tidak melakukan protokol kesehatan maka, pelayanan perekaman kepada yang bersangkutan tidak dapat dilakukan.

"Jadi sesuai instruksi Dirjen Dukcapil, jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan maka, tidak akan dilakukan pelayanan perekaman kepada yang bersangkutan," pungkasnya.

Penulis: Miftahul Jannah
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved