Anggaran Perjalanan Haji dari Pemprov Jambi Sebesar Rp 17 Miliar Batal

Sebab, Pemprov Jambi telah menganggarkan dana terkait pemberangatan para CJH ke bandara dan penerbangan dari Bandara Jambi menuju Batam.

Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Vahrial Adhi Putra, Selasa (23/6/2020). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Pembatalan keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) ke tanah suci Mekkah tahun ini, turut berdampak pada potensi munculnya sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) di Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Sebab, Pemprov Jambi telah menganggarkan dana terkait pemberangatan para CJH ke bandara dan penerbangan dari Bandara Jambi menuju Batam.

“Secara otomatis dana haji yang ada di kita juga kita batalkan, dan ini sudah kita laporkan ke Sekda,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Vahrial Adhi Putra, Selasa (23/6/2020).

Penadah Sepeda Motor Hasil Curian di Tebo Diringkus Tim Sultan

KABAR BAIK! Pemerintah Telah Umumkan Bakal Segera Menggelar Seleksi SKB CPNS 2019 Agustus-Oktober

Terungkap Strategi John Kei Bentuk 4 Klaster buat Habisi Nus Kei dan Anggotanya

Lanjutnya, nantinya anggran untuk keberangkatan haji tersebut akan diserahkan ke tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk dibahas.

“Kalau ada perubahan nanti akan dibahas mau dialihkan atau bagaimana kita belum tau,” tambahnya.

Varial menyebutkan, untuk dana keberangkatan calon haji yang ada di Dinas Perhubungan Provinsi Jambi tersebut sebesar Rp 17 miliar yang digunakan untuk angkatan haji jalur darat dan udara.

“Dari daratnya untuk penggunaan bus dari asrama haji ke bandara, dan jalur udaranya dari bandara Jambi ke Bandara Batam,” sebutnya.

Perlu diketahui, setidaknya ada 2.909 CJH asal Provinsi Jambi yang mau tak mau mengurungkan niatnya.

Ini setelah adanya kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Agama RI Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji Pada Tahun 1441 H/ 2020 M. Mereka ini, akan diberangkatkan pada 2021 mendatang.

Sementara untuk Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) yang sudah disetorkan, akan disimpan di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Penulis: Zulkifli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved