Antisipasi Karhutla, Kodim 0420/Sarko Gencar Sosialisasi ke Warga

Antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Dandim 0420/Sarko mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui Babinsa.

ist
Anggota Kodim 0420/Saro mulai sosialisasi pada masyarakat bahaya membakar lahan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya karhutla. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN-Antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Dandim 0420/Sarko mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui Babinsa.

Masyarakat yang berada berdekatan dengan perkebunan ataupun hutan diminta untuk tidak membakar. Mulai dari membakar sampah, ranting bahkan membuka lahan.

Pidan Kodim 0420/Sarko juga memasang himbauan lewat spanduk  kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran di area kebun ataupun hutan.

Berkaca pada tahun sebelumnya, karhutla di wilayah Sarolangun cukup banyak dan mengakibatkan kabut asap. Dampaknya sekolah di Sarolangun diliburkan.

Ditolak Dua Rumah Sakit, Ibu Ini Meninggal Setelah Melahirkan, Kejadian di Kota Jambi

Camat Alam Barajo Kena Sanksi, Ternyata Masalah Ini Jadi Penyebabnya

VIDEO Niat Berperang dengan China, India Borong Jet Tempur Rusia

Dandim 0420/Sarko, Letkol Inf Tomy Radya Diansyah Lubis menyampaikan, jika saat ini pihaknya sudah melakukan upaya secara dini untuk mencegah terjadinya karhutla.

Pihak Kodim juga sudah berkoordinasi dengan Manggala Agni, BPBD hingga masyarakat peduli api.

Karhutla tidak dapat diatasi tanpa adanya bantuan dan partisipasi dari masyarakat sendiri.

"Kita sudah sosialisasi kepada masyarakat baik melalui spanduk himbauan maupun melalui Babinsa soal waspada Karhutla. Kita juga meminta agar masyarakat jangan membuka kebun ataupun lahan dengan cara dibakar, karena itu sangat rentan terjadinya karhutla,” ujarnya.

Katanya, dukungan dari pihak perusahaan perkebunan atau Hutan Tanaman Industri (HTI) juga sangat penting. Karena selain berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan juga harus sigap dalam hal sarana dan prasarana yang nantinya akan diperlukan.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved