Breaking News:

Mayoritas Senator DPD RI Tolak RUU HIP, LaNyalla: Kami Bentuk Tim Kerja

Bahkan sejumlah Senator meminta pimpinan agar menyatakan sikap lembaga secara resmi untuk menolak. Untuk itu, hal tersebut menjadi salah satu agenda R

ist
Rapat pimpinan DPD RI, Senin (15/6/2020) terkait RUU HIP 

TRIBUNJAMBI.COM - Penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) menjadi salah satu agenda Rapat Pimpinan DPD RI, Senin (15/6/2020) di Senayan, Jakarta.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti membenarkan hal tersebut, hampir seluruh Senator telah menyatakan penolakan terhadap RUU tersebut.

Bahkan sejumlah Senator meminta pimpinan agar menyatakan sikap lembaga secara resmi untuk menolak. Untuk itu, hal tersebut menjadi salah satu agenda Rapim.

Ibu Zumi Zola Maju Cawagub Jambi Kirim Orang ke PAN Jambi, Bagaimana Posisi Fasha dan Fachrori

BERITA POPULER Janda Cantik di Jambi Open BO di Kamar Kos, Digerebek Polsek Kota Baru

“Tentu kita sebagai pimpinan tidak bisa begitu saja mengeluarkan sikap resmi lembaga. Meskipun mayoritas Senator menolak RUU HIP. Maka, jalan keluarnya adalah, kami pimpinan, memutuskan untuk membentuk Tim Kerja (Timja) yang tadi disepakati dipimpin oleh Wakil Ketua DPD RI, Pak Nono Sampono,” tukas LaNyalla usai rapat.

Timja tersebut nantinya akan melakukan kajian lebih mendalam dan komprehensif terkait RUU HIP tersebut. Termasuk bertemu dengan sejumlah ormas dan lapisan masyarakat yang telah secara terbuka menyatakan penolakan terhadap RUU tersebut.

Misteriusnya Sistem Kerja Intelijen Kopassus, Sersan Badri Diminta Sembunyikan Istri Panglima Musuh

Download Lagu MP3 Kumpulan Lagu Batak Terpopuler 2020, Lottung Marsada Group s/d Serasi Sister

“Nanti hasil kerja dari Timja tersebut akan menjadi panduan bagi sikap Lembaga DPD RI. Jadi tidak grusa-grusu. Tetapi atas dasar yang cukup,” tandasnya.

Sebelumnya, anggota DPD RI Hasan Basri melalui media telah menyatakan sikap penolakan terhadap RUU HIP. Senator asal Kalimantan Utara itu menganggap RUU tersebut tidak diperlukan. Karena justru akan mengganggu makna dan mendistrorsi substansi dalam nilai-nilai Pancasila.

Dikatakan Hasan, upaya memangkas Pancasila menjadi Trisila lalu menjadi Ekasila yakni “Gotong Royong”, adalah nyata-nyata merupakan upaya pengaburan dan penyimpangan makna dari Pancasila.

“Pancasila itu ya lima sila. Dan setiap sila berhubungan dengan sila yang lainnya. Dan itu sudah final,” tukasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Mayoritas Senator tolak RUU HIP, Pimpinan DPD Bentuk Tim Kerja, https://jatim.tribunnews.com/2020/06/15/mayoritas-senator-tolak-ruu-hip-pimpinan-dprd-bentuk-timja

Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved