VIDEO PLN Bantah Ada Kenaikan Tarif Listrik di Tagihan Rekening Juni 2020

Manajemen PLN membantah ada kenaikan tarif listrik, terkait lonjakan tagihan listrik pascabayar konsumennya untuk perhitungan tagihan rekening listrik

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Manajemen PLN membantah ada kenaikan tarif listrik, terkait lonjakan tagihan listrik pascabayar konsumennya untuk perhitungan tagihan rekening listrik bulan Juni 2020.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril menyatakan, kenaikan tagihan listrik lebih disebabkan adanya peningkatan penggunaan listrik pada saat adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

Menurutnya kebijakan PSBB yang bertepatan bulan puasa secara statistik terjadi kecenderungan kenaikan pemakaian oleh pelanggan.

"Kami mendengar dan memahami pelanggan yang mengalami kenaikan tagihan listrik. Namun kami pastikan bahwa tidak ada kenaikan tarif, tarif listrik tetap sejak 2017. PLN juga tidak memiliki kewenangan untuk menaikan tarif listrik,” kata Bob dalam pernyataan, Rabu (10/6/2020).

BREAKING NEWS Warga Tungkal Geger, Temukan Warga Bunuh Diri di Ruko Penjual Pakaian

Karena PETI, Empat Kabupaten Ini Jadi Sorotan Polda Jambi

PLN juga memastikan tidak melakukan subsidi silang dalam pemberian stimulus Covid-19 kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, karena stimulus diberikan oleh Pemerintah.

“Stimulus Covid-19 murni pemberian Pemerintah bukan PLN. Kami tidak bisa melakukan subsidi silang. Kami juga diawasi oleh Pemerintah, DPR, BPK, dan BPKP, sehingga tidak mungkin kami melakukan subsidi silang,” tambah Bob.

Sebelumnya, muncul tudingan PLN menaikkan tarif listrik diam-diam untuk menutupi diskon dan listrik gratis untuk pelanggan 900VA dan 450VA.

Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono mengatakan semua tagihan yang diterima pelanggan sudah dihitung berdasarkan pemakaian yang mereka lakukan.

"PLN tidak akan cheating (curang)," kata Yuddy dalam diskusi virtual, Senin (8/6/2020).

Ia menegaskan tarif listrik ditetapkan oleh pemerintah atas persetujuan DPR. Selain itu, ada juga Lembaga auditor seperti BPK dan BPKP yang mengawasi PLN.

"Kejaksaan dan KPK juga bisa memantau," kata Yuddy.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PLN: Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik di Tagihan Rekening Juni 2020

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved