Breaking News:

Berita Kerinci

Ratusan Desa di Kabupaten Kerinci Belum Cairkan BLT DD, Diduga Tidak Ada Pjs Kades Jadi Penyebabnya

Diketahui beberapa daerah di Provinsi Jambi telah ada penyaluran dana BLT. Bahkan sudah ada yang mulai mencairkan untuk tahap kedua yakni Bulan Mei.

IST
Ilustrasi. BLT di sejumlah desa di Kabupaten Kerinci masih ada yang belum cair. 

TRIBUNJAMBI.COM,KERINCI - Dari 185 desa yang ada dalam Kabupaten Kerinci, ternyata masih ada ratusan desa yang belum mencairkan Batuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Diketahui beberapa daerah di Provinsi Jambi telah ada penyaluran dana BLT. Bahkan sudah ada yang mulai mencairkan untuk tahap kedua yakni Bulan Mei.

"Ya, desa Kami belum jugo pembagian dana BLT, padahal sudah masuk bulan Juni. Entah kenapa belum juga dibagikan," ungkap warga Kerinci, yang minta identitas dirahasiakan.

Dia tidak mengetahui pasti penyebab belum diserahkannya dana BLT.

Warga Jernih Jaya Segel Kantor Desa, Kecewa Pembagian BLT Tak Tepat Sasaran

Dianggap Layak Dapat Dana Bantuan, Seorang Kakek 79 Tahun di Riau Ini Tolak BLT DD dari Pemerintah

Namun informasinya karena belum ditunjuknya Pejabat Sementara (Pjs) Kades salah satu penyebabnya.

"Informasinya karena tidak ada Pjs, sehingga tidak ada yang mengurusnya. Makanya masih ada desa yang belum cair Dana BLT tahap pertama," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kerinci, Aswardi dikonfirmasi, Selasa (02/06/2020) membenarkan hal tersebut.

Dia mengatakan, ada sebanyak 153 desa yang belum ada kepala desa yang defenitif.

Kebiasaan Panggil Abang Sayang, Pak Kades Kaget, Ibu-ibu di Kerinci Ini Sampai Lupa Nama Suami

Inilah 102 Kabupaten dan Kota Zona Hijau Covid-19 di Indonesia, Provinsi Jambi Hanya Kerinci

"Dari jumlah itu 73 desa yang sudah ditujuk Pjs Kadesnya. Desa yang sudah ada Pjsnya itu belum juga ada yang cair Dana BLT, termasuk desa kami. Karena masih dalam proses menggatikan spesimen tanda tangan," jelas Aswardi yang juga Sekdes Pungut Hilir.

Setelah diganti spesimen tanda tangan baru dimasukan APBDes ke Pemdes untuk mendapat rekomendasi.

"Setelah ada rekomendasi baru bisa dicairkan Dana BLT, Kerena dana BLT yang diprioritasnya. Saat ini ada ratusan desa yang belum dicairkan," ulang Aswardi.

Menurutnya terlambatnya pencairan BLT tersebut lantaran terlambatnya keluar SK Pjs Kades. Karena Pjs Kades mulai aktif hari Ini (selasa, red) karena kemarin tanggal merah.

"Mungkin yang belum ada Pjsnya itu tidak bisa mencairkannya, karena kalau Plh yang ditunjuk Camat tidak bisa mencairkan Dana BLT, yang sudah cair itu Kades yang Definitif," pungkasnya.

Terkait persoalan tersebut, Kepala Dinas PMPD Kabupaten Kerinci, Sahril Hayadi, belum bisa dikonfirmasi, terkait masih banyaknya Desa yang belum cairkan BLT tahap pertama.(Tribunjambi.com/Heru Pitra)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved