India Lockdown, Pedagang Daging di Kota Jambi Datangkan 200 Sapi dari Lampung untuk Cukupi Stok

Permintaan daging sangat dipengaruhi oleh wabah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan melemahnya daya beli masyarakat.

Tribun Jambi/Darwin Sijabat
Pedagang daging sapi di Pasar Tanggo Rajo Ilir, Kuala Tungkal, Selasa (21/8/2018). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi menyampaikan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1441H/Tahun 2020, beberapa bahan pangan khususnya dari komoditi peternakan antara lain daging sapi/kerbau segar, daging beku, daging ayam dan telur tidak mengalami peningkatan permintaan dari masyarakat secara signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Permintaan tersebut sangat dipengaruhi oleh wabah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan melemahnya daya beli masyarakat. Dalam kondisi normal biasanya peningkatan permintaan dari masyarakat terjadi tiga hari (H-3) menjelang hari Raya Idul Fitri.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Akhmad Maushul, penurunan Permintaan akan komoditi peternakan pada tahun ini diperkirakan sebesar 40% dari pada tahun yang lalu, sedangkan persediaan stok komoditi peternakan pada pedagang berkurang sebesar 30%.

Warga Jambi Ini Minta Perlindungan Polisi, M Nuh Takut Ditagih Uang Lelang Motor Listrik Jokowi

Jelang Lebaran Idul Fitri Ratusan Napi di Lapas Sarolangun Dapat Remisi

Pakar UGM Sebut Virus Corona Terus Bermutasi, Jadi Tantangan Para Ahli Mengembangkan Vaksin

Kebutuhan masing-masing kabupaten/kota berbeda-beda tergantung dari jumlah penduduk. Sedangkan jumlah persediaan tergantung dari jumlah ternak yang ada serta pedagang yang berjualan di pasar-pasar tradisional.

Untuk daging sapi/kerbau segar, seluruh kabupaten masih surplus kecuali Kabupaten Tanjab Barat dan Kota Jambi. Kabupaten Tanjab Barat masih membutuhkan daging segar sebanyak 220 kg dan Kota Jambi sebanyak 1.500 Kg. Dalam menghadapi Idul Fitri tahun ini.

Asosiasi Pedagang Daging Sapi Kota Jambi juga mendatangkan sapi dari Lampung sebanyak 200 ekor secara bertahap satu minggu menjelang Idul Fitri.

"Diharapkan kebutuhan pasar akan daging sapi segar di Kota Jambi dan sekitarnya akan dapat terpenuhi. Kekurangan pasokan daging segar juga akan dipenuhi sebagian dari daging beku. Perkiraan harga daging segar untuk Idul Fitri adalah Rp130.000 – 140.000/Kg," kata Maushul Jumat (22/5/2020).

Lanjut dia, persediaan daging beku untuk tahun ini mengalami penurunan stok pada distributor daging beku terutama di Kota Jambi. Hal ini disebabkan distribusi dari negara-negara pengekspor daging beku terutama daging beku kerbau seperti India memberlakukan lock down akibat Pendemi Covid-19.

Selain Corona, Dunia Pernah Alami Pandemi Berat, Makan Jutaan Korban

Kasus Pembakaran Posko Covid-19 di Merangin, 4 Warga Jadi Tersangka, Bisa Saja Ada Tersangka Baru

"Harga daging beku diperkirakan sebesar Rp.120.000,-/kg. Stok daging beku terutama untuk Kota Jambi diprediksi mencukupi walaupun pasokan berkurang karena permintaan akan daging beku juga tidak sebanyak tahun lalu akibat Covid-19," ujarnya.

Kebutuhan akan daging, diharapkan dapat dipenuhi oleh ketersediaan daging ayam yang stok masih mencukupi dengan harga yang ralatif terjangkau di masyarakat. Perkiraan harga daging ayam adalah berkisar antara Rp32.000,- 35.000,-/kg.

Pasokan ayam khususnya ayam broiler untuk kabupaten/kota masih mencukupi kecuali Kabupaten Bungo dan Tanjab Barat. Kekurangan ayam di Kabupaten Tanjab Barat disebabkan oleh broker-broker yang berjualan di Kabupaten Tanjab Barat berasal dari Kota Jambi sehingga pasokan ke Tanjab Barat sangat tergantung pengiriman dari Kota Jambi.

Untuk Bungo, pasokan ayam berasal dari Perusahaan-perusahaan kemitraan yang ada di Kabupaten Bungo. Kekurangan pasokan ayam untuk untuk Bungo akan dipenuhi dari Kabupaten sekitar dan luar Provinsi Jambi.

Sementara itu, persediaan dan Kebutuhan untuk telur khususnya telur ayam ras menghadapi Idul Fitri 2020 untuk Kabupaten/Kota tidak mengalami kekurangan kecuali Kota Sungai Penuh, Batanghari dan Muaro Jambi. Kota sungai Penuh masih membutuhkan 34.000 butir untuk untuk Lebaran. Kekurangan kebutuhan telur di Kota Sungai Penuh akan disuplai dari Kabupaten Kerinci. Kebutuhan telur untuk Batanghari dan Muaro Jambi akan disuplai dari Kota Jambi. Harga telur ayam ras eceran menjelang hari Raya Idul Fitri diperkiraan relative stabil di harga Rp24.000/kg.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved