Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Jambi Mulai Merangkak Naik

Tiga hari jelang lebaran Idul Fitri 1414 H/2020 M harga daging di pasaran mulai naik. Kini harga daging beku berada di rentang harga Rp130-140 ribu.

Tribunjambi/Darwin
Warga antre membeli daging di Pasar Muara Bungo jelang Ramadan. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tiga hari jelang lebaran Idul Fitri 1414 H/2020 M harga daging di pasaran mulai naik. Kini harga daging beku berada di rentang harga Rp130-140 ribu per kilogram.

Hal itu diakui oleh kepala Plt Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ani Rosnifah, kata dia saat ini sudah terjadi kenaikan harga daging berkisar Rp10 ribu per kilogramnya dari harga normalnya Rp120 per kilogram.

Hal itu karena tingginya permintaan masyarakat jelang lebaran Idul Fitri. Sementara persediaan kurang.

"Ini karena budaya masyarakat kita setiap lebaran mengkonsumsi daging, meskipun kondisi saat ini tengah Covid," kata Ani, Kamis (21/5/2020).

Ini Alasan Pemkab Tebo Anjurkan Masjid di Jalan Lintas Sumatera Tak Digunakan untuk Salat Idul Fitri

Posko Covid-19 di Desa Air Batu Dibakar, Empat Warga Dipanggil Polisi

Sulit Akses Jaringan Internet, Guru Madrasah di Bungo Mengajar Lewat Telepon

Ani menyampaikan pihaknya bersama Satgas Pangan dan Dinas Pertanian terus melakukan pemantauan untuk menekan agar tidak terjadi lonjakan harga.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Akhmad Maushul juga mengakui bahwa harga daging sapi saat ini sudah mencapai Rp140 ribu per kilogram.

"Untuk lonjakan harga sudah pasti tapi tidak signifikan, maksimal Rp140 ribu per kilo, karena daging beku yang masuk dari Australia bukan dari India karena Covid-19 ini," kata Maushul.

Selain itu kata Maushul untuk memenuhi kebutuhan daging untuk labaran tahun ini, sapi yang didatangkan dari lampung oleh pedagang yang tergabung dalam Assosiasi pedagang daging sapi kota untuk memenuhi kebutuhan pasar di kota Jambi dan sekitarnya sekitar 200 ekor.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved