Human Interest Story

Toko Eleison Jambi, Pernah Berjaya Puluhan Tahun Kini Tergerus Era Digital

Sebelum era digital masuk, toko-toko buku, surat kabar, majalah, dan tabloid pernah merajai di Kota Jambi.

Tribunjambi/Mareza
Toko Elesison. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebelum era digital masuk, toko-toko buku, surat kabar, majalah, dan tabloid pernah merajai di Kota Jambi. Satu di antaranya Toko Eleison yang terletak di Jalan Raden Mattaher, Pasar Kota Jambi. Lalu bagaimana perkembangan toko itu sekarang?

Amarjohan melempar senyum ketika baru tiba di ruko Senin pagi itu. Ingatannya kembali ke medio 1970-an saat Tribunjambi.com menyinggung kapan mulai merintis Toko Elesison.

"Merintisnya ini mulai 1976, awal tegaknya mulai dari bangunan kayu," katanya, mulai mengisahkan.

Melanjutkan usaha mendiang ayahnya, Amarjohan mulai merintis Toko Eleison dengan surat kabar Kompas dan beberapa tabloid. T Samirin, ayahnya dulu adalah seorang ketua partai yang punya minat kuat dalam membaca. Bersama Yono, orang kepercayaan ayahnya, dia mengelola toko itu sejak 40 tahun yang lalu. Selain Yono, ada juga Yati. Mereka bertigalah yang mempertahankan Toko Eleison hingga kini.

Macet Tiga Bulan, TPP Guru di Muarojambi Besok Cair

Dua Perusahaan di Jambi Ini Dilaporkan Akibat Tak Berikan THR Karyawan

Jam Operasional Pasar Mulai Dibatasi, Sungai Penuh Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Covid-19

Dengan tangan dingin dan kepiawaian, mereka terus berkembang. Pada tahun 1990-an, bangunan yang sebelumnya terbuat dari kayu, mulai dibangun permanen. Perlahan-lahan, Toko Eleison memasuki masa kejayaannya.

"Bangunnya pelan-pelan, angsur-angsur, karena kalau dibangun sekaligus, tidak cukup," ujarnya.

Dari jualan koran dan majalah, baik langganan mau pun eceran, Eleison menjadi agen koran dan majalah terbesar di Jambi. Lokasi yang strategis dan pangsa pasar yang meyakinkan saat itu menjadikan Toko Eleison hoki.

Letaknya yang tidak jauh dari Terminal Rawasari dan Simpang Sado membuat toko itu ramai dikunjungi. Bukan hanya bagi masyarakat Jambi, pelancong yang ingin tau informasi tentang Jambi pun, biasanya langsung tertuju untuk mencari surat kabar di sana.

Kedigdayaan surat kabar cetak dan majalah saat itu benar-benar membuat Toko Eleison hidup. Puncaknya pada awal 2000-an, Toko Eleison bahkan sempat menjual buku-buku paket dan buku bacaan lainnya.

Dia bilang, pada masa kejayaan dulu, orang-orang sempat antre meski hanya untuk beli koran di sana. Ribuan eksemplar habis setiap harinya. Koran-koran yang dijual di sana pun, mulai dari lokal, nasional, hingga internasional. Mulai dari yang berbahasa Indonesia, Inggris, hingga Mandarin.

Halaman
12
Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved