VIDEO Polisi Bukan Sekadar Profesi, Tapi Sebagai Ladang Ibadah

Bagi AKBP Trisaksono Puspo Aji, Kapolres Bungo mengatakan berpuasa tidak menjadi halangan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Melaksanakan tugas di bulan suci Ramadhan memiliki kenangan tersendiri bagi setiap orang. Bagi AKBP Trisaksono Puspo Aji, Kapolres Bungo mengatakan berpuasa tidak menjadi halangan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.

Bahkan mantan Kapolres Pagaralam itu mengaku justru senang menjalankan tugas selama bulan suci Ramhadan meski di tengah pandemi Covid-19. Sebab menurutnya semua tugas yang dilaksanakan memiliki nilai ibadahnya.

"Kita justru senang menjalankan tugas selama bulan Suci Ramhadan, semua tugas yang kita laksanakan memiliki nilai ibadahnya," ujarnya kepada Tribunjambi.com, Senin (27/4/2020).

Bupati Sarolangun Ancam Tak Cairkan Dana Desa, Ternyata Masalah Ini Jadi Penyebabnya

Apa Itu Zona Merah? Usai Kota Jambi Ditetapkan Jadi Zona Merah Covid-19 atau Virus Corona

VIDEO Menhub Budi Karya Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Mensos Doakan Semoga Sehat Selalu

Selain perlindungan, pelayanan, dan pengayoman, tugas pokok polisi bagi pria kelahiran Magelang 3 Juli 1977 juga melaksanakan pemeliharaan Kamtibmas. Polisi juga didapuk oleh negara untuk menjaga peradaban dan sosial atau kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu dalam situasi apapun, baik bulan suci Ramadhan sekalipun, menurutnya polisi bisa melakukan kegiatan seperti pelayanan, perlindungan dan keamanan.

Untuk menerapkan hal tersebut kepada anggota, bagi lulusan akademi kepolisian tahun 1998 ini perlu menerapkan pada diri sendiri. Caranya dengan memberikan contoh dalam posisi berpuasa tetap menjalankan tugas dengan semangat, disiplin dan baik. Selain itu memberikan pemahaman bahwa segala sesuatu yang dijalani dengan ikhlas akan kembali kepada diri masing-masing.

"Satu teladan lebih baik daripada seribu arahan. Kita memberikan contoh pada anggota bagaimana dalam posisi berpuasa tetap menjalankan tugas dengan semangat, dan disiplin. Kalau ini kita jalankan dengan ikhlas, dengan baik, tentu feedbacknya akan kembali kepada kita," ujarnya.

"Polisi ini bukan hanya sekedar profesi tapi sebagai ladang ibadah bagi sesama," ujarnya.

Dibandingkan sebelum pandemi Covid-19, saat ini terjadi peningkatan kapasitas kegiatan. Seperti biasanya hanya melakukan pengawalan, pengamanan, penjagaan, saat ini melaksanakan tugas kemanusiaan.

Kepada masyarakat Kabupaten Bungo, Kapolres berharap tetap tinggal dirumah saja dan tidak keluar rumah apabila tidak ada kegiatan yang sangat mendesak. Sehingga harapan bersama sebelum Idul fitri tiba, wabah Covid-19 dapat segera enyah dari seluruh bumi.

Kepada para orang tua, AKBP Trisaksono mengimbau agar tidak memberikan kendaraan kepada anaknya, sehingga anak tidak keluyuran.

"Tolong di rumah saja, jangan kemana mana. Jangan berikan kendaraan kepada anak anaknya untuk sekedar keluyuran atau berkumpul dengan temannya. Ingat di Bungo ini sudah ada yang positif. Pola pola penularan ini harus segera kita hentikan. Jangan karena kita sayang pada anak, kita membiarkan anak keluar tanpa pengetahuan yang cukup tentang Covid-19," harapnya.(Darwin Sijabat)

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved