Virus Corona di Jambi

Pemkab Kerinci Bakal Bagikan Kupon Sembako untuk Warga yang Ekonominya Terdampak Covid-19

Adirozal mengatakan, bantuan tersebut memang khusus untuk warga Kerinci yang terdampak ekonominya, yang diakibatkan Covid-19.

IST
Bupati Kerinci Adirozal dan Wabup Ami Taher Tinjau Posko Donor Darah PPNI 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci siapkan anggaran, untuk membantu masyarakat yang terdampak virus corona di Kerinci secara ekonomi.

Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 25,5 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Kerinci.

Hal itu diakui oleh Bupati Kerinci, Adirozal ditemui sejumlah wartawan, kemarin. Ia menyebutkan, hal ini dilakukan sesuai dengan arahan pusat.

Diusulkan Menjadi Kawasan ZIWBK, Pembangunan Terminal Alam Barajo Kota Jambi Terus Diperjuangkan

Jelang Status Tanggap Darurat Covid-19, Masyarakat Tanjabbar yang Butuh Beras Bisa Hubungi Pemda

Pasca Peristiwa Penemuan Mayat Siswa SMP di Kebun Karet, Ini Tanggapan Disdik Sarolangun

"Dana tersebut akan dibagikan kepada masyarakat Kerinci selama tiga bulan, untuk 20.000 lebih warga," ungkap Bupati, Kamis (16/4/2020).

Adirozal mengatakan, bantuan tersebut memang khusus untuk warga Kerinci yang terdampak ekonominya, yang diakibatkan Covid-19.

"Kita siapkan dana untuk masyarakat yang ekonominya terdampak. Selain itu, Pemda Kerinci juga telah menggratiskan PDAM," katanya.

Dikatakannya, bantuan yang akan diberikan diperuntukan bagi warga yang terdampak ekonomi. Yakni diluar warga yang mendapatkan program PKH dan BLT, serta bukan PNS.

"Bantuan kita berikan dengan cara membagikan kupon. Warga dapat menukarkan kuponnya di warung terdekat atau warung yang ada di desa, supaya ekonomi di desa juga bisa hidup akibat Covid-19 ini," katanya.

Pemkab Kerinci jelasnya, menyiapkan lebih dari 20 ribu kupon. Saat ini, petugas sedang melakukan pendataan, jumlah penerima bantuan di tiap desa, bisa saja berbeda sesuai dengan data.

"Pemkab sengaja tidak memberi bantuan dalam bentuk uang, atau menempatkan satu warung untuk penukaran kupon, supaya tidak ada orang berkumpul di satu titik. Misalnya untuk satu desa ada 20 kupon untuk 20 kepala keluarga, maka mereka bisa menukar kupon di warung yang ada di desa dengan bahan pokok yang dibutuhkan. Seperti minyak goreng, gula dan lainnya, yang nilainya sudah ditentukan," sebutnya.

Selain dari dari APBD lanjutnya, desa juga bisa menganggarkan Dana Desa untuk membantu warga yang terdampak ekonominya akibat Corona.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kerinci, Montry dikonfirmasi mengatakan bahwa Pemkab Kerinci memang telah menganggarkan dana untuk warga yang terdampak Covid-19.

"Ya, benar sudah dianggarkan dana untuk bantuan warga oleh daerah, sekarang dalam pendataan," tandasnya. (Heru Pitra)

Penulis: heru
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved