313 Calon Jamaah Haji Tanjab Barat Menunggu Kepastian Keberangkatan Haji 2020

Sebanyak 313 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat terancam batal berangkat ke Tanah Suci, Mekkah pada pelaksanaan ibadah haji 2020.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Samsul Bahri
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanjabbar, Hasbi. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL-Sebanyak 313 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat terancam batal berangkat ke Tanah Suci, Mekkah pada pelaksanaan ibadah haji 2020. Hal ini menyusul dengan tertundanya beberapa pelaksanaan persiapan seperti manasik haji.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanjabbar, Hasbi, menyebutkan bahwa tidak ada pelaksanaan manasik haji yang dilakukan, hal ini menyusul surat edaran yang telah keluar untuk meniadakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

"Jadi berdasarkan surat edaran untuk tidak mengumpulkan orang banyak, maka ada kegiatan kita manasik haji yang tidak kita laksanakan," jelasnya, Senin (6/4).

Pakar Ini Sebut Gelombang Dua Virus Corona Bakal Terjadi jika Pemerintah Tak Ketat Social Distancing

Rekomendasi WHO, Mulai Hari Ini Terapkan Masker untuk Semua Jika Keluar Rumah!

Dituding Provokasi Yasonna Laoly Soal Pembebasan Napi Korupsi, Najwa Shihab: Gunakan Hak Warga

Ia mengungkapkan bahwa biasanya untuk kabupaten, pelaksaan manasik haji paling sedikit dilakukan sebanyak 10 kali. Namun, sampai dengan hari ini, untuk di Kemenag sendiri, tidak ada pelaksanaan kegiatan manasik haji.

"Biasanya kita laksanakan untuk Kabupaten minimal 10 kali, ini jelas tahun ini ditiadakan kegiatan itu. Walaupun manasik haji tidak ada, calon jamaah bisa belajar mandiri atau dengan beberapa orang yang sifatnya tidak terlalu ramai, sehingga mereka bisa belajar," terangnya.

Ia kembali menerangkan bahwa tidak adanya manasik haji lantara surat edaran untuk tidak melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan orang. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, soal kepastian keberangkatan calon jamaah haji, Hasbi belum bisa memastikan. Sampai dengan saat ini, pihaknya belum menerima surat edaran terkait dengan keberangkatan calon jamaah haji di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kita masih menunggu keputusan dari pusat. Sampai dengan saat ini belum ada, dan sampai saat ini juga kita optimis calon jamaah haji kita berangkat tahun ini. Jika tidak berangkat tahun ini mungkin tahun depan, tapi tetap kita tunggu intruksi pusat," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved