Komunitas Pecinta Tekuluk Jambi Lahir dari Berbagai Kalangan

Komunitas ini diinisiasi oleh Ade Erlinda Susanti yang pada saat itu bergabung dalam organisasi penata rias Jambi.

ist
Komunitas Tekuluk Jambi. 

Komunitas Pecinta Tekuluk Jambi Lahir dari Berbagai Kalangan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -Komunitas pecinta tekuluk Jambi terbentuk pada 11 September 2019. Komunitas ini diinisiasi oleh Ade Erlinda Susanti yang pada saat itu bergabung dalam organisasi penata rias Jambi.

“Diawal saya berdua adik memang suka tekuluk. Saat tergabung di organisasi penata rias pengantin Jambi saya menghimbau kalau ada acara munas Jakarta atau acara penting lainnya untuk menggunakan tekuluk,” ceritanya.

Ia belajar tekuluk dari buku dan belajar langsung dengan Nurlaini kepala museum Jambi yang juga membuat buku tentang 99 jenis tekuluk Jambi.

Ia menyampaikan saat ini di Kota Jambi ada tiga jenis tekuluk yaitu bungo pinang, kembang jeruk dan daun pinang. Selebihnya dari kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

Begini Cara Komunitas Tekuluk Jambi Sosialisasikan Penutup Kepala Wanita Melayu

Cegah Penyebaran Virus Corona, Rapat Paripurna DPRD Kerinci Ditunda

BBS Temui Pemkab Muba, Bahas Pencegahan Karhutla di Wilayah Perbatasan

Saat ini anggota komunitas pecinta tekuluk Jambi ada 60an anggota. Anggota berasal dari semua kalangan, mulai dari anak SMA, penata rias, mahasiswa, MUA atau penata rias, Bhayangkari, guru serta dosen.

Untuk kegiatan rutin ada pertemuan yang dilakukan satu bulan sekali. Setiap pertemuan juga ada materi untuk pemasangan tekuluk, mulai dari namanya, cara pasangnya juga filosifinya. Dalam satu bulan juga ada undangan untuk mengisi materi tentang tekuluk. (nurlailis)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved