Berita Jambi

Ini Langkah-langkah Pencegahan Virus Corona yang Disampaikan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

Ini Langkah-langkah Pencegahan Virus Corona yang Disampaikan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Samsiran Halim menyebut warga tak perlu cemas dengan ditemukannya virus corona di Indonesia. 

Ini Langkah-langkah Pencegahan Virus Corona yang Disampaikan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sejak virus corona (Covid 19) mewabah, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, sudah memantau dua orang yang dicurigai terinfeksi Virus Corona.

Hal itu disebabkan keduanya sempat melakukan perjalanan ke negara yang mewabah virus mematikan tersebut.

Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan, keduanya negatif Corona, meskipun sempat menjalani isolasi di rumah sakit. Berbagai upaya telah dilakukan dalam menghadapi kemungkinan inveksi Virus Corona di Provinsi Jambi. 

Mulai Ada yang Terinfeksi di Indonesia, Dinas Kesehatan Jambi Bentuk Satgas Pencegahan Virus Corona

Video Detik-detik Hotel Tempat Karantina Orang Positif Virus Corona Runtuh, Puluhan Orang Terjebak

Dampak Stres Bisa Menganggu Sistem Imun, Ini Cara Pencegahannya

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Samsiran Halim menjelaskan, Coronavirus (Covid-19) adalah virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat.

Gejala ringan dapat berupa demam, pilek, sakit tenggorokan, letih, lesu  batuk sampai berat seperti sesak napas dan gagal napas.

Berbagai upaya pencegahan terhadap Covid-19 adalah, bagi petugas kesehatan, hindari kontak/jarak dekat dengan penderita ISPA, gunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Sering cuci tangan pakai sabun terlebih setelah kontak langsung dengan orang sakit atau lingkungan orang sakit, ingatkan kepada orang dengan gejala ISPA harus menerapkan Etika Batuk (jaga jarak dengan prang atau menutup mulut dan hidung dengan tissue atau baju saat batuk atau bersin). 

Bagi masyarakat jelas Samsiran Halim, upayakan sering cuci tangan pakai sabun, gunakan masker bila batuk dan pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, hati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga dan istrahat yang cukup.

"Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak, dan apabila batuk pilek atau sesak nafas segera periksa ke fasilitas kesehatan," ujarnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menyediakan, 700.000 pcs masker bedah (masker ikat) dan 7.800 pcs masker N-95, namun karena stok masker juga sangat terbatas, maka pembagian maker sangat selektif, hanya kepada orang sakit dan yang sangat membutuhkan.

Dinas Kesehatan menyarankan agar masyarakat minta masker ke Pemerintah Kabupaten/Kota terlebih dahulu, kalau kurang, baru minta ke Pemerintah Provinsi Jambi. 

Ini Langkah-langkah Pencegahan Virus Corona yang Disampaikan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi (Tribunjambi.com/Zulkifli)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved