Breaking News:

Workshop Valuasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian dan Drafting Paten Bagi Dosen

Pusat Studi HKI-Sentra KI Pinang Masak, LPPM Universitas Jambi mengadakan Workshop Valuasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian dan Drafting Paten.

Tribunjambi/Nurlailis
Pusat Studi HKI-Sentra KI Pinang Masak, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi mengadakan Workshop Valuasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian dan Drafting Paten. 

Workshop Valuasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian dan Drafting Paten Bagi Dosen

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -Pusat Studi HKI-Sentra KI Pinang Masak, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi mengadakan Workshop Valuasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian dan Drafting Paten di Ruang Senat Lantai III Gedung Rektorat Universitas Jambi 3-4 Maret 2020.

Kegiatan ini mengambil tema "Membangun dan Melindungi Kekayaan Intelektual Menuju Kemandirian Bangsa" dengan menghadirkan narasumber Ir. Ahdiar Rohmadhoni, M.Ba yang merupakan pakar Kekayaan Inteletual.

Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Pusat Studi HKI-Sentra KI Pinang Masak LPPM, Dwi Suryahartati mengatakan saat ini sudah ada 31 hasil riset yang sudah dimohonkan dan dipatenkan.

“Dari data sentra KI, terdapat 696 hasil riset. Hasil riset tersebut telah di klasifikasikan. Kita memiliki 31 hasil penelitian yang sudah dimohonkan pendaftaran patennya. Namun perkembangnya hingga saat ini belum masuk tahap komesialisasi,” jelasnya.

Pemprov Jambi Terima Surat KASN Via WhatsApp, 6 Pejabat yang Dicopot Diminta Diangkat Lagi

Bupati Imbau Masyarakat Bungo Segera Laporkan SPT

Lintas Sektor Provinsi Jambi Bersinergi Hadapi Virus Corona

Dwi juga berharap dengan dilaksanakannya workshop ini dapat menghasilkan pemahaman yang sama untuk dapat meningkatkan hasil riset yang ada di Unja.

“Dengan terselenggarakannya kegiatan ini, Diharapkan akan menghasilkan pemahaman bersama untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan hasil riset peneliti agar bisa di komersilisasikan,” harapnya.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Muthalib megharapkan agar hasil penelitian dosen bisa menghasilkan produk-produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

“Hasil Penelitian bisa mengangkat harkat martabat perguruan tinggi, karena salah satu penentu rangking universitas ada pada penelitian, untuk itu kita berharap ke depan Unja sudah mempunyai HAKI yang sudah bisa dibeli oleh pelaku industri, dan dengan pelatihan ini ada peningkatan yang didapat,” paparnya.

Sementara itu Ketua LPPM, Ade Octavia mengatakan workshop ini merupakan kegiatan tahunan dari Pusat Studi HKI-Sentra KI Pinang Masak.

“Agenda workshop tahunan ini dalam rangka hilirisasi hasil riset dari Universitas Jambi serta untuk mendukung visi misi Unja khususnya dalam mewujudkan kampus merdeka dan merdeka belajar,” ujarnya. (Lai)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved