Rapat Koordinasi, BPS Bersama Pemkab Muarojambi Bahas Sensus Penduduk 2020

BPS Kabupaten Muarojambi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Muarojambi melaksanakan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020, Selasa (18/2).

Rapat Koordinasi, BPS Bersama Pemkab Muarojambi Bahas Sensus Penduduk 2020
Tribunjambi/Samsul Bahri
BPS Kabupaten Muarojambi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Muarojambi melaksanakan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020, Selasa (18/2). 

Rapat Koordinasi , BPS Bersama Pemkab Muarojambi Bahas Sensus Penduduk 2020

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muarojambi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Muarojambi melaksanakan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020, Selasa (18/2). Rapat koordinasi ini dilakukan di Ruang Aula Rumah Dinas Bupati Muarojambi.

Acara ini dihadiri oleh wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno, Asissten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Muarojambi, Najamuddin, Kepala BPS Kabupaten Muarojambi, Irna Adrinti, Wakapolres Muarojambi, Kompol Yudha Lasmana.

Dalam kesempatan ini turut hadir unsur Forkompimda di lingkup pemerintahan Kabupaten Muarojambi, serta camat dan Kades yang ada di Kabupaten Muarojambi. Sementara itu, dalam kesempatan ini Kepala BPS Kabupaten Muarojambi menyebutkan bahwa sensus penduduk tahun 2020 ini merupakan sensus penduduk yang ke tujuh kalinya.

BPS Catat Nilai Tukar Petani Jambi pada Januari Naik 3,33 Persen

Zainal Abidin Akan Bacakan Sendiri Nota Pembelaan di Persidangan Selasa Hari Ini

Terbukti Melakukan Korupsi SPP PNPM Mandiri, Gita Warsa Divonis 1,6 Tahun Penjara

"Pelaksanaan sensus penduduk ini mengacu pada dua perpres yang telah dikeluarkan. Adapun tema yang dibawa pada sensus penduduk 2020 ini mencatat indonesia menuju satu data kependudukan untuk menuju indonesia maju. Tidak hanya di Indonesia, sensus penduduk ini juga akan diikuti oleh 54 negara," jelasnya

Disampaikannya bahwa data hasil sensus penduduk 2020 tidak hanya membuat pendataan di masa kini, namun dengan pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini sebagai antisipasi terhadap apa yang akan terjadi di masa yang akan data.

"Sensus ini dilakukan dalam dua tahap yaitu pencacahan lengkap yang akan ada 22 pertanyaan dasar, diantaranya nama, alamat pekerjaan, pendidikan dan perumahan. Kemudian tahap dua pencacahan sample pada 2021 dengan mengajukan 82 pertanyaan yang lebih detail," ucapnya.

Sensus penduduk online ini akan dilkasanakan dari tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Adapun sensus penduduk online ini dilakukan dengan mengakses internet dengan sasaran target ASN, Penduduk yang mengakses internet.

"Termasuk milenial dan masyarakat kota, penduduk di desa yang mendapatkan akses internet. Bagi yang belum mengikuti maka akan di datangkan petugas sensus, di Juli 2020," katanya.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa dalam pelaksanaan sensus penduduk ini dilakukan dengan tiga model yaitu sensus penduduk dengan cara online. Kemudian petugas akan mendatangi melakukan sensus dengan menggunakan Hp android atau kuisioner.

"Khusus untuk Kabupaten Muarojambi kita akan menggunakan dua moda, yaitu sensus online dan petugas yang akan mendatangi kemudian mengakses menggunakan Hp tidak ada laho kuisioner kertas," sebutnya

"Untuk itu, kita berharap agar pelaksanaan sensus penduduk 2020 di Kabupaten Muarojambi bisa berjalan dengan lancar dan suskses dengan dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah Kabupaten Muarojambi," pungkasnya

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved