Berita Sarolangun

Sarolangun Bakal Gelar Pilkades Serentak, KPU Sarolangun Hibahkan 106 Kota Suara dan 424 Bilik Suara

Sarolangun Bakal Gelar Pilkades Serentak, KPU Sarolangun Hibahkan 106 Kota Suara dan 424 Bilik Suara

Sarolangun Bakal Gelar Pilkades Serentak, KPU Sarolangun Hibahkan 106 Kota Suara dan 424 Bilik Suara
Tribunjambi.com/Wahyu Herliyanto
Sarolangun Bakal Gelar Pilkades Serentak, KPU Sarolangun Hibahkan 106 Kota Suara dan 424 Bilik Suara 

Sarolangun Bakal Gelar Pilkades Serentak, KPU Sarolangun Hibahkan 106 Kota Suara dan 424 Bilik Suara

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun, resmi hibahkan perlengkapan logistik eks pemilu 2019, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun.

Logistik itu akan digunakan pihak Pemkab Sarolangun untuk keperluan pemilhan kepala desa (Pilkades) serentak di 53 desa.

Muhammad Fakhri, Ketua KPU Sarolangun mengatakan, pihaknya sudah menerima surat dari Pemkab Sarolangun terkait kebutuhan perlengkapan Pilkades.

"Pemerintah Kabupaten Sarolangun melayangkan surat untuk pelengkapan logistik Pilkades sebanyak 106 kotak suara dan 424 bilik suara," jelasnya.

BREAKING NEWS: Rumah Rata dengan Tanah di Sarolangun, Saksi Dengar Ledakan Gas

BREAKING NEWS: Bahu dan Tangan Dibacok, Motor Dirampas, Begal Sadis di Sarolangun

Anggaran Daerah Defisit, 8 Dusun di Bungo Belum Bisa Cairkan Dana Gerakan Dusun Membangun

Menurutnya, dalam aturan yang berlaku, kotak suara dan bilik suara bekas penggunaan Pilpres dan Pileg yang lalu dan masih bagus, maka boleh dihibahkan ke Pemkab dalam memenuhi keperluan pemerintah.

Terkait itu, KPU Sarolangun menyerahkan sebagaimana permintaan Pemkab yaitu sebanyak 106 kotak suara dan 424 bilik suara ke Pemkab Sarolangun.

"Untuk pelaksanaan pemilihan 53 kepala desa dan sisa kotak suara yang ada kembali akan dilakukan lelang secera terbuka," jelasnya.

Sekretaris Daerah Sarolangun, Endang Abdul Naser menyambut baik dan mengapresiasi langkah KPU. Sehingga pemerintah daerah tidak lagi mengeluarkan anggaran untuk pengadaan kotak suara dan bilik suara.

“Atas nama pemerintah daerah, berterimakasih kepada KPU atas bantuannya. Sebab kotak suara ini sangat penting apalagi kita akan menghadapi Pilkades serentak dan pemilihan BPD. Kalau dulu e-Poting karena ada kendala, makanya kita sistemnya manual, jadi ini berguna sekali,” sebut Endang Abdul Nasar.

Namun meskipun demikian, dia meminta agar Dinas PMD menyiapkan semua kebutuhan Pilkades serta berkoordinasi dengan KPU yang paham secara tekhnis.

“Jika nanti memang kurang, dinas PMD kita lakukan pengadaannya. Jadi kita saling bantulah koordinasi tekhnis agar Pilkades nanti bisa berjalan sukses,” harapnya.

Diketahui, Pemkab Sarolangun tahun 2020 ini akan mengadakan pemilihan 53 kades secara serentak di 10 kecamatan.

Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Sarolangun tahun 2020 dilaksanakan secara manual. Hal ini setelah anggota DPRD Sarolangun tidak menyetujui dan menolak pelaksanaan pilkades dengan metode e-voting.

Sarolangun Bakal Gelar Pilkades Serentak, KPU Sarolangun Hibahkan 106 Kota Suara dan 424 Bilik Suara (Tribunjambi.com/Wahyu Herliyanto)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved