Pemkot Jambi Usulkan 10 Perda ke Dewan, Segera Dibahas Tahun Ini

Bagian Hukum Setda Kota Jambi, mengusulkan sepuluh Perda dan akan segera dibahas. Selain itu, ditambah satu perda inisiatif dari DPRD Kota Jambi.

Pemkot Jambi Usulkan 10 Perda ke Dewan, Segera Dibahas Tahun Ini

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Proses pembentukan perda tentulah tidak lah segampang yang dilihat. Banyak tahapan dan kriteria yang harus dilalui dan dipenuhi. Seperti di antaranya harus dilampirkan dengan naskah akademik, yang merupakan media adminitrasi suatu Perda.

Pada tahun ini, melalui Bagian Hukum Setda Kota Jambi, mengusulkan sepuluh Perda dan akan segera dibahas. Selain itu, ditambah satu perda inisiatif dari DPRD Kota Jambi.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Afriady selaku Kasubag Penyusunan dan Perumusan Hukum Setda Kota Jambi. “Tapi tidak serta merta bisa disahkan begitu saja nantinya usulan perda ini,” sebutnya, Jumat (14/2).

Cara Sensus Penduduk 2020 Secara Online, Bisa Juga Secara Offline, Cuma Butuh Waktu 5 Menit

Pemdaftaran SNMPTN 2020 Dibuka Hari Ini, Cek Daftar 10 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik di Asia

RIVAN Nurmulki Atlet Voli Timnas Sebut Provinsi Jambi Tertinggal Jauh, Berikut Petikan Wawancaranya

Melainkan, dari jumlah Perda tersebut, akan dilihat terlebih dahulu kesiapannya. Nantinya, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha yang akan menyampaikan perda-perda tersebut, “Kemudian ada pandangan dari anggota DPRD, lalu tanggapan kita dan beberapa proses lainnya hingga disahkannya perda tersebut.” jelasnya.

Adapun perda-perda yang diusulkan tersebut terdiri dua perda baru dan beberapa sisa perda pada tahun sebelumnya dan perda rutin lainnya. Seperti Ranperda tentang rumah susun dan Ranperda tentang penyertaan modal ke Bank Jambi, yang merupakan usulan perda baru untuk tahun ini.

Kemudian beberapa luncuran Propemperda tahun 2019 seperti, Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Ranperda tentang penyelenggaraan dan kepemudaan, Ranperda tentang enataan kecamatan dan kelurahan, Ranperda tenang kerjasama daerah, dan ranperda tentang pengelolaan barang milik daerah.

“Ada luncuran Propemperda tahun 2019 atau inisiatif DPRD yakni, Ranperda tentang Kepalang Merahan Indonesia,” katanya.

Sementara, tiga usulan perda rutin yakni, Ranperda tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Jambi tahun 2019, Ranperda tentang APBD-P tahun anggaran 2020, dan Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2021. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved