Pemkab Tanjab Barat Targetkan Replanting 4.000 Hektar Kebun Sawit, Lokasinya di Tiga Kecamatan Ini

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun 2020 merencanakan peremajaan (Replanting) kelapa sawit seluas 4.000 hektare.

Pemkab Tanjab Barat Targetkan Replanting 4.000 Hektar Kebun Sawit, Lokasinya di Tiga Kecamatan Ini

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun 2020 merencanakan peremajaan (Replanting) kelapa sawit seluas 4.000 hektare.

Kepala Disbunnak Tanjab Barat, Melan Bangun mengatakan pihaknya mengajukan peremajaan kelapa sawit di tahun 2020 seluas 4.000 hektare. Bahkan dia mengaku mendapatkan tantangan untuk replanting seluas 6.000 hektare.

"Tahun ini target kita 4.000 hektare di tahun 2020, malah kita diminta pemerintah pusat replanting 6.000 hektare," ungkap Melan Bangun.

Dijelaskannya, wilayah yang diajukan tersebut yaitu Kecamatan Tebing Tinggi, Wilayah Ulu, Purwodadi.

Warga Kuala Tungkal Teriak-teriak Lihat Asap Muncul di Rumah Kosong, Rumah Ketua RT Nyaris Terbakar

Ekspor Udang Ketak Dihentikan Akibat Virus Corona, Nelayan Tanjab Barat Desak Pemerintah Cari Solusi

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2019 sekitar 500 hektare. Namun realisasi yang dikerjakan melebih target mencapai 4.470 hektar.

"Dari target hingga realisasi tahun 2019, anggaran masuk ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat dari Replanting sebesar Rp 67 miliar," katanya.

Dijelaskannya, bantuan yang diberikan kepada petani berupa uang tunai sebesar Rp 25 juta per hektar dengan maksimal empat hektare. Dan akan diberikan ke rekening kelompok tani.

Bantuan tersebutlah yang akan digunakan secara swakelola untuk melakukan replanting. Mulai dari penebangan sawit, hingga sampai pada proses penanaman.

Ada beberapa kriteria petani yang mendapatkan bantuan. Diantaranya usia sawit harus lebih dari 25 tahun dan diterima melalui kelompok tani. (Darwin Sijabat/ Tribunjambi.com)

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved