Dituntut 20 Tahun, Terdakwa Pembunuhan di Bungo Mohon Keringanan, Mengaku Punya Anak Kecil

Terdakwa perkara pembunuhan, Wardi (43) membacakan pembelaannya di ruang sidang Pengadilan Negeri Muara Bungo, Selasa (11/2/2020).

Dituntut 20 Tahun, Terdakwa Pembunuhan di Bungo Mohon Keringanan, Mengaku Punya Anak Kecil
Tribunjambi/Mareza
Terdakwa perkara pembunuhan, Wardi (43) membacakan pembelaannya di ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Muara Bungo, Selasa (11/2/2020). 

Dituntut 20 Tahun, Terdakwa Pembunuhan di Bungo Mohon Keringanan, Mengaku Punya Anak Kecil

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Terdakwa perkara pembunuhan, Wardi (43) membacakan pembelaannya di ruang sidang Pengadilan Negeri Muara Bungo, Selasa (11/2/2020). Pledoi itu disampaikannya menanggapi tuntutan jaksa penuntut umum beberapa waktu lalu.

Pada sidang sebelumnya, JPU Kejaksaan Negeri Bungo, Nofry Hardi menuntut agar majelis hakim menjatuhkan hukuman pada terdakwa dengan pidana penjara selama 20 tahun. Selain itu, jaksa juga menetapkan terdakwa membayar restitusi sebesar Rp. 145.017.182, kepada saksi korban Robi Suwandi.

Nofry Hardi juga menuntut barang bukti berupa dua unit sepeda motor beserta STNK-nya dikembalikan pada saksi korban, Robi Suwandi. Ada pun barang bukti yang diduga digunakan saat melakukan aksi pembunuhan tersebut, dirampas untuk dimusnahkan.

Otak Pelaku Pembunuhan Edward Silaban Ditangkap, Akhirnya Terungkap Lokasi Jenazah

Ekspor Udang Ketak Dihentikan Akibat Virus Corona, Nelayan Tanjab Barat Desak Pemerintah Cari Solusi

Jaksa menganggap terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Pembunuhan dengan rencana dan penganiayaan yang mengakibatkan luka berat, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 340 KUHP dan Pasal 353 ayat (2) dan ayat (3) KUHP.

Atas tuntutan tersebut, Wardi memohon keringanan kepada majelis hakim yang diketuai Rizal Firmansyah. Di antara poin pledoi yang disampaikan adalah, dia mengakui perbuatannya.

"Saya memohon keringanan hukuman kepada majelis hakim," ungkapnya.

Hal itu didasari karena dia merupakan tulang punggung keluarga. Wardi juga mengaku memiliki tanggungan, istri dan anak-anaknya yang masih kecil.

"Saya juga mohon maaf pada keluarga korban, atas perbuatan saya," Wardi menyampaikan.

Sebelumnya Wardi didakwa karena melakukan pembunuhan di Dusun Seberang Jaya, Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo. Dia diduga melakukan kejahatan terhadap nyawa Zulkifli (50). Selain Zulkifli, Wardi juga melukai Robi Suwandi (26) hingga kritis.

Selain Wardi, polisi masih mencari tersangka lainnya, yaitu J (26) anaknya.

Majelis hakim akan kembali menggelar sidang pada Selasa (18/2/2020) mendatang dengan agenda putusan.
(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved