Berita Sarolangun

Pemkab Sarolangun Fokus Tingkatkan Produksi Pajale di Tahun 2020 Ini

Kabupaten Sarolangun pada tahun 2020 ini fokus kepada peningkatan produksi pertanian berupa tanaman padi, jagung dan kedelai (Pajale)

Pemkab Sarolangun Fokus Tingkatkan Produksi Pajale di Tahun 2020 Ini
Tribunjambi.com/Wahyu Herliyanto
Pemkab Sarolangun Fokus Tingkatkan Produksi Pajale di Tahun 2020 Ini

Pemkab Sarolangun Fokus Tingkatkan Produksi Pajale di Tahun 2020 Ini

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kabupaten Sarolangun pada tahun 2020 ini fokus kepada peningkatan produksi pertanian berupa tanaman padi, jagung dan kedelai (Pajale).

Ketiga jenis tanaman produksi tersebut memiliki potensi hampir di semua kecamatan. Untuk tanaman padi yang paling berpotensi di Kecamatan Batang Asai, Kecamatan Air Hitam, Kecamatan Pelawan dan Kecamatan Sarolangun. Sedangkan jagung berpotensi hampir di semua kecamatan.

Sedangkan untuk tanaman kedelai di Kabupaten Sarolangun sangat minim potensi untuk dikembangkan, hanya sedikit. Sehingga besar kemungkinan, Sarolangun pada tahun ini akan lebih fokus pada tanaman padi dan jagung.

Joko Widodo Perpanjang Masa Pensiun TNI, di Sini Tamtama dan Bintara TNI Akan Berdinas. .

Pasca Kabar Staf Guru di KGS Diduga Terserang Virus Corona, Aktivitas KBM Tetap Normal

Detik-detik Video King Kobra Bunuh Pawangnya dengan Gigitan Biasa, Pria di Video Sempat Tertawa

"Kita tetap pada pajale, cuman untuk potensi kedelai itu kecil, jadi kita lebih fokusnya pada padi dan jagung," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Sakwan.

Hal itu juga sesuai dengan arahan dari pusat, musim penghujan ini agar bisa dimanfaatkan para petani untuk menanam benih.

"Sekarang inikan sudah lewat kemarau jadi petani kita sudah berlomba-lomba untuk menanam padi, jagung," katanya.

Ia juga berkomitmen untuk menunjang peningkatan produksi padi dan jagung ini, selain memberikan bantuan berupa bibit, dan pupuk. Pihaknya juga akan membantu para petani berupa infrastruktur penunjang pertanian seperti handtractor, mesin perontok padi dan sebagainya.

Peningkatan produksi terus ditingkatkan baik padi maupun jagung. Paling tidak nantinya, kebutuhan beras di Kabupaten Sarolangun akan terpenuhi atau mengurangi jumlah pasokan beras dari luar daerah.

"Paling tidak untuk kebutuhan kita sendiri, di sarolangun. Kalau belum terpenuhi, terpaksa ambil dari daerah lain yang lebih. Kalau Jagung, kalau seandainya masih muda, jadi masih bisa dimakan. Tapi kalau sudah tuo itu untuk pakan ternak. Jagung ini juga menjanjikan untuk penghasilan petani, kuncinya keseriusan, apalagi kalau jagung elok, raso-raso nyo bisa dua kali setahun," katanya.

Pemkab Sarolangun Fokus Tingkatkan Produksi Pajale di Tahun 2020 Ini (Tribunjambi.com/Wahyu Herliyanto)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved