Berita Jambi

BPK Minta OPD Kooperatif, Laporan Keuangan Pemprov Jambi Tahun Anggaran 2019 Mulai Diaudit

BPK Minta OPD Kooperatif, Laporan Keuangan Pemprov Jambi Tahun Anggaran 2019 Mulai Diaudit

BPK Minta OPD Kooperatif, Laporan Keuangan Pemprov Jambi Tahun Anggaran 2019 Mulai Diaudit
Tribunjambi.com/Zulkifli
BPK Minta OPD Kooperatif, Laporan Keuangan Pemprov Jambi Tahun Anggaran 2019 Mulai Diaudit 

BPK Minta OPD Kooperatif, Laporan Keuangan Pemprov Jambi Tahun Anggaran 2019 Mulai Diaudit  

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jambi baru akan melakukan kegiatan pemeriksaan terhadap laporan Keuangan Pemprov Jambi tahun 2019. 

Audit keuangan ini diperkirakan akan berlangsung selama dua bulan. Entry Meeting sebagai tahapan awal pemeriksaan digelar pada Senin (27/1/2020), dengan mengumpulkan para Kepala OPD di lingkup Pemprov Jambi

Kepala Badan Pemeriksa Keungan (BPK) RI Perwakailan Jambi, Hery Ridwan mengatakan, pemerintah yang mengelola keungan di setiap OPD diharapkan bisa bekerjasama dengan baik untuk memberikan dokumen atas pengelolaan uang yang mereka laksanakan di tahun 2019 dengan data yang mendukung.

Skandal Jiwasraya - BPK Buka-bukaan, Erick Thohir: Bermasalah Sejak 2006, Kejagung Sudah Tahu Pelaku

Hasil Pemeriksaan, BPK Beri Catatan Khusus untuk Peningkatan SDA dan Pembangunan Provinsi Jambi

“Pemeriksaan menjadi dua tahap, pertama pendahuluan yang akan dimulai sekarang, kemudian setelah un auditnya selesai disampaikan Pemprov kepada BPK, kami akan memulai audit rincinya selama sebulan juga,” kata Hery, Senin (27/1/2020).

Lanjutnya, untuk temuan yang ada di tahun 2018 lalu yang harus ditindak lanjuti, Hery mengatakan sebagian sudah ada yang ditindak lanjuti dan beberapa yang masih diproses dengan jangka waktu 60 hari sejak diterimanya laporan hasil pemeriksaan tersebut.

“Ya mudah-mudahan dengan komunikasi yang telah terjalin, semoga tidak berulang karena kami terus membahas kendala dan keterbukaan dari Pemprov ke BPK,” sebutnya.

Gubernur Jambi Fachrori Umar sendiri bertekat untuk mempertahankan opini hasil pemeriksaan BPK dangan predikat Opini Tanpa Pengecualian seperti yang diperoleh tahun lalu.

Penjabat Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengatakan, Gubernur Jambi Fachrori Umar Juga kepala BPK berharap untuk laporan keungan tahun 2019 bisa memproleh opini wajar tanpa pengecualian.

"Oleh karena itu hari ini sengaja dikumpulkan semua Kepala OPD dalam rangka membangun komitemen bersama untuk penyelesaian beberapa masalah yang masih ditemui di tahun sebelumnya. Seperti laporan keuangan terkait dana BOS," ujar Sudirman.

Selain itu dikatakan Sudirman, Gubernur juga mengintuksikan kepada seluruh OPD untuk kooperatif dan kerjasamanya membantu kelancaran audit pemeriksaan keuangan oleh BPK

"Tadi sudah ada intruksi dari Pak Gubernur, sepanjang tidak ada urusan sangat penting, diharapkan kepala OPD untuk tetap standbay, tidak melakukan dinas luar," pungkasnya.

BPK Minta OPD Kooperatif, Laporan Keuangan Pemprov Jambi Tahun Anggaran 2019 Mulai Diaudit  (Tribunjambi.com/Zulkifli)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved