Peringatan Dini BMKG Selasa (7/1) - Hujan Lebat, Petir hingga Gelombang Tinggi

BMKG memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem dan gelombang tinggi capai 6 m yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada Selasa

tribunjambi/Abdullah Usman
Ilustrasi gelombang di laut 

Peringatan Dini BMKG Selasa (7/1) - Hujan Lebat, Petir hingga Gelombang Tinggi

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem dan gelombang tinggi capai 6 m yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada Selasa (7/1/2020).

Dikutip Tribunnews.com dari laman resmi bmkg.go.id, terdapat siklon tropis BLAKE di Samudera Hindia sebelah selatan NTT dan bibit siklon tropis di Laut Arafuru (92S) dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan rendah.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Banten (925/900mb) serta sirkulasi angin tertutup di Kalimantan Barat.

Konvergensi terbentuk memanjang dari Samudera Hindia barat daya Bengkulu hingga selatan Banten, Laut Jawa hingga Laut Flores, Laut Arafuru, dan di Australia bagian utara.

Belokan angin terdapat di Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Selat Karimata,Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua bagian utara.

Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai lebih dari 25 knot terdapat di Samudera Pasifik utara Papua, Utara Filipina hingga Laut Cina Selatan, dan Samudera Hindia selatan NTT.

Sebelum melakukan aktivitas hari ini sebaiknya simak wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Selasa (7/1/2020).

BMKG Jambi: Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari Kedepan

Reynhard Sinaga Mahasiswa Kelahiran Jambi Rekam Aksinya Perkosa Pria di Ponsel, Durasi 1 Jam

Amerika vs Iran Kian Memanas, Jika Terjadi Perang Dunia 3, Siapa Bakal Menang? Perbandingan Kekuatan

Wilayah berpotensi hujan lebat:

Sumatera Barat
Kep. Riau
Yogyakarta
Bali
Kalimantan Tengah
Gorontalo
Sulawesi Tengah
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tenggara

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir adalah:

Halaman
12
Editor: suci
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved