BMKG Jambi: Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari Kedepan

BMKG Sulthan Thaha Jambi memperkirakan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpeluang terjadi dalam tiga hari kedepan.

Tribunjambi/Dedy Nurdin
Hujan lebat mengakibatkan genangan air disalah satu titik jalan Pattimura. 

BMKG Jambi: Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari Kedepan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulthan Thaha Jambi memperkirakan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpeluang terjadi dalam tiga hari kedepan.

Perigatan ini disampaikan langsung kepala Stasiun BMKG Sulthan Thaha Jambi melalui kasi data dan informasi, Kurnia Ningsi saat dikonfirmasi pada Senin (6/1/2020).

Dikatakan Kurnia Ningsih, untuk wilayah Jambi sendiri memiliki dua siklus puncak penghujan. Secara histori biasanya terjadi pada bulan November hingga Desember merupakan puncak penghujan pertama.

Sedangoan puncak penghujan kedua diprediksi terjadi pada bulan Maret hingga April. Untuk bulan Januari saat ini kata Kurnia Ningsih lebih berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan dan bersifat lokal.

Info Prakiraan Cuaca BMKG Selasa 7 Januari 2020, Jambi dan Padang Cerah Berawan!

Jaksa Agung Datang ke Jambi, Ini Tempat yang Akan Dikunjungi Selasa Besok

Jaksa Agung Datang ke Jambi, Ini Tempat yang Akan Dikunjungi Selasa Besok

Namun Provinsi Jambi menjadi daerah belokan angin sehingga potensi pembentukan awan cukup tiggi dalam tiga hari kedepan.

"Analisa kelembaban udara pada lapisan 700 milibar dan 500 milibar kondisi cenderung berawan kalaupun terjadi hujan sifatnya sporadik," kata Kurnia Ningsih.

Meski demikian ia mengingatkan agar warga tetap waspada terutama dalam tiga hari kedepan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Teorinya adalah ketika lima hari berturut- turut tidak terjadi hujan kemudian suhunya tinggi dan terasa gerah maka yang akan terjadi adalah cuaca ekstrim," katanya.

"Jadi waspadai potensi terjadinya cuaca ekstrim dalam tiga hari kedepan. Dan itu merata di semua wilayah di Provinsi Jambi. Dan itu bisa lebih tinggi curah hujannya dibandingkan dengan pada bulan Desember kemarin, apa lagi curah hujan tinggi belum terjadi," ungkap Kurnia Ningsih.

Untuk itu BMKG Sulthan Thaha Jambi juga mengigatkan agar warga waspada dan mengatisipasi potensi banjir di daerah yag kurang resapan. Serta di dataran rendah karna ketinggian air sungai yang bisa naik karna volume hujan yang tinggi.

"Saat ini akan lebih baik jika kita membersihkan drainase terutama di daerah pemukiman yang rendah daerah resapannya," pungkas Kurnia Ningsih. (Dedy Nurdin)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved