Pemkab Muarojambi Minta Perusahaan Kooperatif untuk Selesaikan Konflik

Permasalahan konflik lahan kerap kali menjadi persoalan di Kabupaten Muarojambi.

Pemkab Muarojambi Minta Perusahaan Kooperatif untuk Selesaikan Konflik
Tribunjambi/Samsul Bahri
Asisten II Setda Kabupaten Muarojambi David Rozano. 

Pemkab Muarojambi Minta Perusahaan Kooperatif untuk Selesaikan Konflik

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Permasalahan konflik lahan kerap kali menjadi persoalan di Kabupaten Muarojambi. Konflik lahan ini juga rerata bersinggungan antara masyarakat dengan perusahaan.

Asisten II Setda Kabupaten Muarojambi, David Rozano mengimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Muarojambi untuk dapat menghargai hak-hak tanah milik masyarakat. Selain itu, jika konflik lahan tersebut sudah masuk dalam tim terpadu Kabupaten Muarojambi, diharapkan pihak perusahaan bersikap kooperatif.

"Saya selaku anggota tim terpadu berharap kepada perusahaan-perusahaan untuk kooperatiflah ya, kasihan masyarakat yang dirugikan," ujarnya.

Lebih lanjut Ia menyebutkan bahwa tim terpadu selalu memberikan solusi terhadap konflik-konflik lahan yang terjadi di Kabupaten Muarojambi. Termasuk konflik yang melibatkan perusahaan dan sejumlah masyarakat, terlebih dalam gabungan kelompok.

7 Pria dan 3 Gadis Ditangkap Saat Lagi Tidur-tiduran, Polisi Sebut Komplotan Geng di Kerinci

Pemkab Sarolangun Imbau Warga Tak Rayakan Tahun Baru

KETAHUAN Ini Penyebab Puluhan Jemaah Umrah Merangin Telantar di Jakarta

Kronologi Pemuda Tebo Tewas Dimassa Usai Setubuhi Janda

Solusi yang biasa dilakukan tim terpadu yakni dengan melakukan musyawarah dengan memanggil kedua belah pihak yang bersengketa. Pertemuan musyawarah inilah yang diperlukan guna menekan terjadinya konfik yang berlebih di lapangan.

"Nanti dengan ketidaksabaran dari masyarakat menjadi emosi sehingga mereka (red-masyarakat) bisa bertindak lebih, ribut-ribut mereka. Jadi tim terpadu memang semaksimal mungkin untuk menekan hal itu," terangnya.

"Jadi kepada perusahaan, kami minta kooperatif dalam menyelesaikan masalah jika memang ada masalah yang harus diterangkan dan untuk diselesaikan," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved