WASPADA 37 Dusun dan Kelurahan di Bungo Dipetakan Rawan Banjir

BPBD Kesbangpol Kabupaten Bungo mencatat ada 37 dusun, desa, kelurahan yang diwanti-wanti karena masuk dalam daftar rawan banjir.

WASPADA 37 Dusun dan Kelurahan di Bungo Dipetakan Rawan Banjir
ist
Sejumlah rumah di Dusun Leban, Kecamatan Rantau Pandan terendam banjir, Selasa (17/12/2019). 

WASPADA 37 Dusun dan Kelurahan di Bungo Dipetakan Rawan Banjir

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa, dan Politik (BPBD Kesbangpol) Kabupaten Bungo sudah memetakan daerah-daerah rawan banjir di Kabupaten Bungo.

Berdasarkan data yang tercatat di BPBD Kesbangpol Kabupaten Bungo, ada 37 dusun, desa, kelurahan yang diwanti-wanti karena masuk dalam daftar rawan banjir.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kesbangpol Kabupaten Bungo, Akhyar menyampaikan, 37 dusun itu terletak di 12 kecamatan yang berbeda.

Di antaranya Kecamatan Bathin II Babeko yang meliputi Dusun Babeko, Dusun Baru Sepunggur, Dusun Sepunggur, dan Dusun Tanjung Menanti.

Di Kecamatan Bathin III, dusun yang dipetakan rawan banjir adalah Dusun Air Gemuruh, Dusun Bungo Taman Agung, Dusun Lubuk Benteng, Dusun Purwobakti, dan Dusun Teluk Panjang.

15 Kg Sabu Gagal Dikirim ke Jakarta, Polda Jambi Bongkar 1 Dus Narkoba dalam Teh Guanyinwang

Mahasiswa STMIK NH Jambi Pamerkan Karya Inovasi Teknologi

Fasha Beri Insentif Kader PPKBD Karena Ikut Sukseskan Program KB di Kota Jambi

500 Warga Miskin Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Kementerian, Pemkab Muarojambi Minta Tambah

Selanjutnya, di Kecamatan Jujuhan, banjir mengancam Dusun Pulau Jelmu, Dusun Rantau Ikil, Dusun Rantau Panjang, Dusun Sirih Sekapur, Dusun Tanjung Belit, dan Dusun Ujung Tanjung. Sedangkan di Kecamatan Jujuhan Ilir, banjir berpotensi terjadi di Dusun Aur Gading, Dusun Kuamang, Dusun Pulau Batu, dan Dusun Tepian Danto.
Di Kecamatan Muko-muko Bathin VII, banjir mengancam Dusun Bedaro.

"Di Kecamatan Pasar Muara Bungo, daerah yang dipetakan berpotensi banjir ada Kelurahan Batang Bungo, Kelurahan Jaya Setia, dan Kelurahan Tanjung Gedang," imbuhnya.

Untuk Kecamatan Pelepat, banjir mengancam Dusun Batu Kerbau dan Dusun Bukit Telago. Sedangkan untuk Kecamatan Pelepat Ilir, banjir mengintai Dusun Danau, Dusun Lubuk, Dusun Muara Kuamang, dan Dusun Padang Palangeh.

"Untuk Kecamatan Rantau Pandan, ada potensi banjir di Dusun Leban dan Dusun Rantau Pandan," ujarnya.

Sementara itu, di Kecamatan Tanah Sepenggal, banjir bisa terjadi di Dusun Candi, Dusun Empelu, Dusun Pasar Rantau Embacang, Dusun Tanjung, dan Dusun Tenam. Sedangkan di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, banjir berkemungkinan terjadi di Dusun Tanah Periuk.

Di Kecamatan Tanah Tumbuh, banjir bisa saja terjadi di Dusun Lubuk Niur.

Untuk itu, pihaknya mengimbau untuk selalu waspada, terlebih untuk masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat dapat menyampaikan laporan jika hujan berintensitas tinggi.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved