500 Warga Miskin Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Kementerian, Pemkab Muarojambi Minta Tambah

Program bedah rumah melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Muarojambi mendapat jatah 500 unit rumah pada tahun 2020.

500 Warga Miskin Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Kementerian, Pemkab Muarojambi Minta Tambah
Tribunjambi/Samsul Bahri
Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Muarojambi, Riduwan. 

500 Rumah Warga Miskin di Muarojambi Akan Dibedah, Kementerian Punya Program BSPS

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Program bedah rumah melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Muarojambi mendapat jatah 500 unit rumah pada tahun 2020.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Muarojambi, Riduwan menjelaskan bahwa bedah rumah melalui program BSPS merupakan program kementerian. Adapun sasaran dalam penerimaan tersebut berdasarkan data yang diperoleh Disperkim dari desa, Dinsos dan juga BPS.

"BSPS itu ada kategorinya yaitu pembangunan baru (PB) dan kategori peningkatan (strategis). Untuk nominal biaya pembangunan baru itu Rp30 juta, untuk peningkatan itu Rp 15 juta ditambah upah tukangnya itu Rp5 juta," ucapnya.

Demi Anak Agar Bisa Masuk Pesantren, Ibu Keni Ini Rela Jadi Juru Pakir, Baru Jadi Single Parent

Desa Jati Emas Adakan Pelatihan Tingkatkan Pengelolaan Kegiatan Desa

5 Kg Sabu Diblender dan Dicampur Oli, Kejari Tanjab Barat Musnahkan BB 26 Perkara

Soal jumlah yang di dapatkan sebanyak 500 unit, kata Riduwan pihaknya masih mengupayakan untuk penambahan unit rumah. Hal ini juga dilakukan pada tahun lalu yang awalnya hanya mendapatkan sebanyak 700 unit rumah, namun kementerian melakukan penambahan hingga akhirnya Kabupaten Muarojambi mendapat bantuan sebanyak 1.110 unit.

"Tahun 2020 nanti kita dapat bantuan lagi, itu terdata ada 500 unit rumah yang didapatkan oleh Kabupaten Muarojambi. Namun akan kita upayakan untuk penambahan," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa pada tahun 2019 lalu, Kabupaten Muarojambi menerima program bedah rumah melalui BSPS paling banyak di Provinsi Jambi. Awalnya kata Riduwan Kabupaten Muarojambi mendapatkan bantuan sebanyak 700 unit kemudian pihaknya meminta penambahan di Kementerian dan medapatkan penambahan sebanyak 260 unit rumah.

"Jadi totalnya 960 unit, kemudian kita di Kabupaten Muarojambi menjadi yang terbaik dalam pelaksaaan bedah rumah melalui BSPS dan akhirnya kita ditambah lagi 150 unit. Total tahun ini dapat 1.110 unit. Yang 150 dalam pengerjaan dan sudah 90 persen," rincinya.

"Kita harapkan tahun depan bantuan di awal yang 500 unit bisa kita tambah lagi," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved