Begini Penjelasan Psikolog Jambi Soal Kasus Bunuh Diri

Bunuh diri merupakan tindakan yang sengaja dilakukan sehingga menyebabkan kematian diri sendiri.

Begini Penjelasan Psikolog Jambi Soal Kasus Bunuh Diri
NET
ilustrasi 

Begini Penjelasan Psikolog Jambi Soal Kasus Bunuh Diri

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dessy Pramudiani seorang psikolog menjelaskan, bunuh diri merupakan tindakan yang sengaja dilakukan sehingga menyebabkan kematian diri sendiri.

Fenomena bunuh diri sering dilakukan akibat putus asa yang penyebabnya dikaitkan dengan depresi, ketergantungan obat, stress, ekonomi, hubungan interpersonal dan gangguan jiwa.

Cara utama untuk bunuh diri antara lain, gantung diri, minum obat penenang, menyakiti diri dan minum racun serangga. Keinginan bunuh diri bisa mengancam siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lanjut usia.

Secara psikologis, ada beberapa penyebab seseorang memiliki keinginan bunuh diri, adanya tekanan sosial, misalnya tuntutan ortu terhadap nilai pelajaran; merasa putus asa / tidak bisa melakukan apapun; depresi; tidak memiliki support sistem yang baik.

Siapkan Anggaran Rp600 Juta, BPBD Muarojambi Berencana Beli Mobil dan 4 Motor Lapangan

Rekonstruksi Pembunuhan di VII Koto Tebo, Tersangka Peragakan 13 Adegan

Ubedillah di Bungo Saat Kelompok SMB Serang Kantor PT WKS, Tapi Dia Disuruh Mengaku

Mobil Wadir Sabhara Polda Jambi Kecelakaan, Kapolres Batanghari: Jangan Dibesar-besarkan

Support sistem berasal dari keluarga, sahabat, ataupun tenaga ahli seperti psikolog. Seseorang yang mencoba melakukan bunuh diri, biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala antara lain; konsep diri menurun, terlihat cemas/gelisah, kurang motivasi, merasa bersalah, tidak berharga, tidak bahagia, menjauh dari keluarga/teman, perubahan kebiasaan.

Percobaan bunuh diri dapat dicegah dengan peran serta keluarga dan kerabat dekat dalam mengidentifikasi niat bunuh diri, jangan biarkan mereka sendiri dan tenggelam dalam kesedihannya.

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved