KPU Umumkan Syarat Dukungan Calon Perorangan di Pilkada Batanghari 2020

KPU Kabupaten Batanghari mengumumkan penyerahan persyaratan dukungan bagi calon perseorangan pada Pilkada Batanghari tahun 2020.

KPU Batanghari Umumkan Syarat Dukungan Calon Perorangan di Pilkada 2020

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - KPU Kabupaten Batanghari mengumumkan penyerahan persyaratan dukungan bagi calon perseorangan pada Pilkada Batanghari tahun 2020.

Penyerahan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan tertuang dalam pengumuman KPU Nomor : 262 /PL.02.2-Pu/1504/KPU-Kab/XII/2019 tentang Penyerahan Dokumen Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batanghari Tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Batanghari, Abdul Kadir mengatakan, jadwal penyerahan syarat dukungan untuk calon perseorangan yang akan maju dalam Pilkada di daerah dibuka pada 19 - 23 Februari 2020 mendatang.

"Waktu yang diberikan selama lima hari," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (10/12).

Ia melanjutkan, pendaftaran pada hari pertama-keempat atau 19 - 22 Februari 2020 mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Satu Tersangka Karhutla Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Muarojambi

Akhir Tahun, Serapan Anggaran Pemprov Jambi Baru 73 Persen

Musnahkan Barang Bukti, Kejari Batanghari Bakar Motor, Sabu, Ganja hingga Celana Dalam

Pemodal PETI Pergi, Aksi Pencurian Marak di Batang Asai, Camat Singgung Soal Narkoba

Sedangkan hari kelima (terakhir) yakni 23 Februari 2020 dari pukul 08.00-24.00 WIB di KPU Batanghari.

"Kandidat yang akan maju dari jalur perseorangan atau independen harus menyerahkan syarat dukungan paling rendah sebanyak 19.263 dukungan dan sekurang-kurangnya tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Batanghari," katanya.

Syarat dukungan itu sendiri, kata Kadir diserahkan oleh kandidat yang akan maju dalam bentuk formulir B.1 KWK yang dilampiri dengan foto copy KTP masing-masing warga yang menyatakan dukungannya.

Selanjutnya, bakal pasangan calon harus menyerahkan surat pernyataan pasangan calon perseorangan yang memuat tabel daftar nama pendukung tersusun secara sistematis serta dikelompokkan berdasarkan wilayah.

"Dan ini harus dalam bentuk hardcopy dan softcopy melalui aplikasi Silon," katanya.

Dukungan calon perseorangan ini nantinya akan di-verifikasi administrasi dan faktual guna mengetahui apakah dukungannya memenuhi syarat atau tidak seperti ada tidaknya dukungan dari TNI/Polri atau warga yang berstatus PNS.

"Penetapan syarat dukungan diatur dalam Keputusan KPU Nomor : 170/PL.02.2-Kpt/1308/KPU-KAB/X/2019 tentang Penetapan Syarat Jumlah dan Persebaran Dukungan Bagi Pasangan Calon Perseorangan Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batanghari tahun 2020," jelasnya. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved