WIKI JAMBI, Ekowisata Sukarejo Tanjab Barat Suguhkan Spot Menarik di Kebun Kopi

Di Kabupupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Betara terdapat areal perkebunan kopi sedang dikembangkan ekowisata.

WIKI JAMBI, Ekowisata Sukarejo Tanjab Barat Suguhkan Spot Menarik di Kebun Kopi
Tribunjambi/Darwin
Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Betara terdapat areal perkebunan kopi sedang dikembangkan ekowisata. 

WIKI JAMBI, Ekowisata Sukarejo Tanjab Barat Suguhkan Spot Menarik di Kebun Kopi

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL– Siapa yang tidak mengenal kopi? Tentu semuanya telah mengenalnya bukan. Kopi sudah sangat melekat dalam hidup sehari-sehari.

Di Kabupupaten Tanjung Jabung Barat, tepatnya di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Betara terdapat areal perkebunan kopi sedang dikembangkan ekowisata. Selain untuk memperkenalkan kopi asli Tanjab Barat, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pengembangan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dapat dijadikan pilihan menghabiskan waktu bersama keluarga. Di lokasi ini tidak perlu merogoh kocek yang dalam seperti layaknya menghabiskan liburan ke mall. Selain lokasinya yang asri dan bersentuhan langsung dengan alam, pengunjung juga mendapatkan edukasi.

3 Keluharan di Kota Jambi Terima 2.000 Sambungan City Gas

BREAKING NEWS Kepala Pengadilan Agama Sengeti Meninggal Saat Beri Tausiah di Masjid

Napi Menangis Tak Diizinkan Ketemu Orangtuanya yang Meninggal, Keluarga Bawa Jenazah ke Lapas Bangko

Ditargetkan rampung dan launching pada awal tahun 2020 mendatang, Ekowisata Sukerejo, Kelurahan Mekar Jaya menyuguhkan berbagai spot untuk mengembangkan edukasi berbasis lingkungan.

Di lokasi seluas 16,96 kilometer persegi ini ditanami dengan komoditi utama Kopi Liberika. Saat ini, dari Sembilan spot yang direncanakan di areal perkebunan kopi liberika itu, enam diantaranya siap untuk dijajaki.

Kini Hariadi, selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata Ekowisata Sukerejo, Kampung Kopi Liberika di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama masyarakat sedang mengembangkannya. Wilayah ekowisata tersebut terdapat sembilan spot yang dapat dikunjungi.

Spot tersebut diantaranya Spot taman Bonsai di Parit Panglong, Spot taman Wisata Kanal, Pembibitan Kopi Liberika, Penanganan Pasca Panen di Paristo, Produksi Bubuk Kopi dan Pasca Panen di Sri Utomo III, Galery Syauqi Art (Galeri Lukis) di Parit Tomo, Produksi Bubuk Luwak Kembar Alami, Pasca Panen Dari Sidomuncul, dan Terakhir Gerai UMKM sebagai Kedai Kopinya Liberika.

Menurut Hariadi, di lokasi tersebut pengunjung dapat menikmati keindahan seperti di galeri lukis, tanaman bonsai dan edukasi terkait pembudidayaan kopi liberika hingga panen dan pengemasan.

“Ekowisata ini untuk edukasi cara pembibitan kopi yang baik seperti apa, kemudian cara pasca panen kopi liberika, pengolahannya, prosesnya, semuanya ada di sini,” jelasnya.

Dinas Pendidikan Ungkap Penyebab Dana Sertifikasi Guru di Jambi Belum Cair, BPK Disebut-sebut

DPRD Bungo Setujui Dua Ranperda Baru, Reaksi Mashuri Jadi Sorotan

13 Atlet Jambi Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games Manila Filipina

Lokasi yang digarap yang berada kawasan kebun kopi liberika ini berjarak 120 kilometer dari Kota Jambi. Dapat ditemukan setelah melewati Polsek Betara, Kantor Camat Betara. Tidak jauh dari kantor itu, sekretariatnya berada Gerai UMKM Mekar Jaya, Jalan Lintas Kuala Tungkal – Jambi km 117, sementara dari Kota Kuala Tungkal sekitar 24 km.

Tidak perlu kebingungan jika anda ingin mengunjungi lokasi tersebut. Disana terdapat beberapa plang penunjuk arah atau langsung mampir ke sekretariat atau menghubungi 081366638630.

Ekowista ini dikatakan Hariadi masih dalam tahapan pengembangan, sehingga untuk paket wisata belum ditentukan. Namun jika ingin berkunjung saat ini juga, enam spot sudah siap untuk dijajaki.(cda)

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved