Praperadilan Ditolak, Begini Nasib 19 Tersangka Perambah dan Pembakaran di Konsesi PT REKI

19 tersangka perambah dan pembakar hutan konsesi PT REKI, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari masih mendekam di jeruji besi.

Praperadilan Ditolak, Begini Nasib 19 Tersangka Perambah dan Pembakaran di Konsesi PT REKI
ist
Polres Batanghari tangkap 22 orang terduga pelaku pembakaran lahan di kawasan PT REKI. 

Praperadilan Ditolak, Begini Nasib 19 Tersangka Perambah dan Pembakaran di Konsesi PT REKI

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Sebanyak 19 tersangka perambah dan pembakar hutan konsesi PT REKI, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari masih mendekam di jeruji besi.

Para tersangka saat ini masih dalam proses penyidikan oleh penyidik Satreskrim Polres Batanghari. Ini disampaikan oleh Kasat Reskrim, Iptu Orivan Irnanda.

"Saat ini masih mengerjakan berkas perkara para tersangka," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (25/11).

Ia mengatakan, sebelumnya penyidik sempat melimpahkan berkas (Tahap I) para tersangka kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Batanghari. Hanya saja berkasnya dikembalikan (P-19).

"Sekarang kita masih melengkapi petunjuk dari jaksa bahwa ada kekurangan yang harus dilengkapi. Jika sudah siap akan kita limpahkan lagi berkasnya kepada JPU," katanya.

Dua Kepala Dinas Dicopot Gubernur Jambi, Jabatannya Kini Turun Jadi Bawahan

Daftar Nama 56 Kepala Desa di Tanjab Barat yang Resmi Dilantik Hari Ini

VIDEO: Semifinal Piala Askot Jambi 2019, Golden Wins Berhasil Kandaskan Kagama Fc

Para tersangka, kata Orivan juga sempat mengajukan praperadilan dan sempat digelar sidang beberapa kali.

"Hasilnya praperadilan mereka ditolak oleh hakim," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Polres Batanghari mengamankan puluhan pelaku diduga perambah dan pembakar hutan dan lahan di kawasan PT REKI, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Sabtu, 21 September 2019.

Ada 22 pelaku yang diamankan diduga melakukan pembakaran hutan dan lahan. Mereka yaitu Saringok Pasaribu, Gaedon Master Manurung, Aliandro Malau, Andre Marbun, Suroso, Efi Nainggolan, Johan Maju Nainggolan, Marjohan Butar Butar, Burhanudin Nainggolan, Ruben Nainggolan, Sri Susanto Tumanggor, Gilbert Pandiangan, Donalianto Nainggolan, Jimer Tampubolon, Erwin Nainggolan, Wilker Situmorang, Parsaoran Sitinjak, Binter Manurang, Putra Sihotang, Ramli Situmorang, Sahat Bul Nainggolan dan Rj Sampurna Marbun.

Mereka merupakan kelompok Nadeak Cs dan warga Kampar, Riau. Para pelaku diamankan sekira pukul 14.30 WIB di Desa Bungku Kecematan Bajubang Kabupaten Batanghari. Pengamanan dengan mengerahkan lebih kurang 85 personil gabungan dari TNI-Polri.

Barang bukti yang diamankan bibit tanaman kelapa sawit, beberapa unit mesin chainsaw, kayu bekas terbakar dan 4 buah jeriken plastik bekas isi bahan bakar minyak.(Rian)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved