Berita Jambi

Jadi Persyaratan, Tapi Ada Kepala Madrasah di Jambi yang Belum Kantongi Sertifikat Kepala Madrasah

Jadi Persyaratan, Tapi Ada Kepala Madrasah di Jambi yang Belum Kantongi Sertifikat Kepala Madrasah

Jadi Persyaratan, Tapi Ada Kepala Madrasah di Jambi yang Belum Kantongi Sertifikat Kepala Madrasah
TRIBUNJAMBI/HERI PRIHARTONO
Ilustrasi sekolah madrasah 

Jadi Persyaratan, Tapi Ada Kepala Madrasah di Jambi yang Belum Kantongi Sertifikat Kepala Madrasah

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hingga saat ini ternyata masih ada kepala madrasah di bawah Kewenangan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jambi, belum mengantongi sertifikat kepala madrasah.

Padahal, berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 24 tahun 2018 perubahan atas PMA 58 tahun 2017 tentang kepala madrasah, sertifikat kepala madrasah menjadi salah satu persyaratan pengangkatan kepala madrasah.

Sertifikat kepala madrasah yang dimaksud merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh balai pendidikan dan pelatihan Keagamaan, Balai Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementrian Agama atau lembaga lain yang berewenang.

Romi Sebut Nama Khofifah di Persidangan, Akui Kerap tanyakan Soal Pencalonan Kakanwil Kemenag Jatim

Satu Sekolah Dua Kepala Sekolah, Dewan Ulitimatum Dinas Pendidikan Jambi Segera Lakukan Tindakan

Sri Mulyani Ungkap Desa Fiktif, Tak Ada Penghuni, Tapi Selalu Ditransfer Dana Desa

Media Inggris Soroti Jokowi, Sebut Tak Bisa Diandalkan, Maruf Amin Ikut Kena Dampak Soal Sejarah Ini

Hal itu diiyakan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Abd Rahman Sayuti, saat dihubungi Tribunjambi.com, Selasa (5/11/2019).

Menurutnya, kepala Madrasah yang belum bersertifikasi tersebut adalah mereka yang diangakat sebelum PMA tersebut diberlakukan.

"PMA itu kan keluar tahun 2017, kemudian disempurnakan lagi tahun 2018 jadi berlakukanya baru setahun. Untuk kepala Madrasah yang diangkat setelah PMA itu diberlakukan tentu mereka yang sudah bersertifikat semua," ujarnya.

89 Cakades Siap Tarung Dalam Pilkades Serentak 20 November 2019 Mendatang

Rp 12 Miliar Belum Dilunasi, Tunggakan BPJS Kesehatan di RSUD H Hanafie, Bungo Selama 3 Bulan

2 Trainer Google, Bakal Ngisi Materi Hoaks Busting and Digital Hygiene di Festival Media

Laporkan LHKPN, Pejabat dan Anggota DPRD Sarolangun Diberi Waktu Hingga 31 Maret 2020

Namun bagi kepala Madrasah yang diangakat sebelum PMA tersebut diberlakukan yang sebelumnya tidak diwajibkan sertifikat, menurut Rahman, saat ini sedang didata dan diusulkan untuk Diklat.

"Karena di dalam PMA itu juga dijelaskan, bagi kepala madrasah yang sudah menjabat dan belum memiliki sertifikat kepala Madrasah, paling lama tiga tahun wajib memiliki sertifikat. Artinya kita masih punya waktu sekitar dua tahun lagi," sebutnya.

Namun ketika ditanya berapa jumlah kepala Madrasah yang belum bersertifikay di Provinsi Jambi Rahman mengaku lupa angka pastinya. "Kan madrasah di Provinsi Jambi banyak sekali tu," ujarnya.

Untuk memenuhi persyarat tersebut tersebut, disebutkan Rahman saat ini Pihak Kanwil tengah melakukan pendataan merekap berapa Kepala Madrasah yang belum bersertifikat. Kemudian mengusulkan kepala Balai Diklat supaya diikutkan Diklat.

"Kalau seandainya Balai Diklat itu terbatas tidak bisa mendiklatkan semua. Nanti kita usulkan kalau bisa mereka Diklat mandiri melalui K3M atau melalaui program persatuan guru, untuk sama melakukan Diklat dengan Balai Diklat," jelasnya.

Sebab diakui Rahman, yang menjadi kendala selama ini terbatasnya kegiatan Dikat di Balai Diklat I Kemenag di Sumatera Barat.

"Yang berhak mengeluarkan sertifikat itukan Balai Diklat. Bayangkan lah Balai Diklat I itu menangani 4 Provinsi Jambi, Riau, Kepri, dan Sumatra Barat. Tentu terbatas mereka anggaranya. Itu lah kita carikan solisinya," pungkasya.

Jadi Persyaratan, Tapi Ada Kepala Madrasah di Jambi yang Belum Kantongi Sertifikat Kepala Madrasah (Zulkifli/Tribunjambi.com)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved