Ingin Bangun Museum Mini, Pemkab Tanjab Timur Minta Bantuan Pemerintah Pusat

Wakil Bupati Tanjab Timur M Roby mengaku saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait pembuatan museum mini.

Ingin Bangun Museum Mini, Pemkab Tanjab Timur Minta Bantuan Pemerintah Pusat
Tribunjambi/Abdullah Usman
Koleksi museum mini Wali Peetu di Desa Air Hitam laut. 

Ingin Bangun Museum Mini, Pemkab Tanjab Timur Minta Bantuan Pemerintah Pusat

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Wakil Bupati Tanjab Timur M Roby mengaku saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait pembuatan museum mini.

Wakil Bupati Tanjab Timur M Roby dalam sebuah kesempatan, tidak memungkiri jika di Kabupaten Tanjab Timur banyak peninggalan peninggalan sejarah yang ditemukan. 

Namun sayangnya benda-benda tersebut tidak dapat disimpan di daerah sendiri seutuhnya, karena tidak adanya museum. Terpaksa benda-benda tersebut dibawa ke museum provinsi.

"Begitu pula temuan yang ada di Desa Air Hitam sendiri, namun uniknya di sini masyarakatnya bertahan untuk menjaga benda-benda tersebut. Pada masa almarhum Gubernur Zulkifli Nurdin masyarakat diberikan keistimewaan untuk menjaga benda tersebut dan ini yang harus kita pertahankan," terang Wabup.

"Kami pemerintah daerah tetap meminta melalui pemerintah provinsi bahkan pemerintah pusat, bahwa di sini ada museum yang benar-benar representative dan harus dijaga dan diperbaiki," jelasnya. 

Wacana Pembangunan Museum Wali Petu Terbentur Anggaran, Benda Sejarah Disimpan di Rumah Warga

Hidup Nomaden, Disdukcapil Kerepotan Data Suku Anak Dalam di Bungo

Khawatir Ikon Kota Sungai Penuh Rusak, Masyarakat Diminta Tak Lagi Jualan di Atas Jembatan Kerinduan

Sementara itu Anggota DPRD Tanjab Timur Nugraha Setiawan dari Fraksi PAN menuturkan, terkait pembangunan museum mini tersebut bukanlah hal mudah banyak proses yang harus dilalui bersama. 

Selain itu untuk lokasi juga harus dipertimbangkan dan tak kalah penting, terkait SDM yang ditetapkan di museum itu sendiri nantinya. 

"Jangankan kita sedangkan provinsi saja hanya memiliki satu orang yang benar-benar ahlinya, mudah-mudahan wacana tersebut bisa real dan dukungan pemprov dan pusat sangat diperlukan," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved