Jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda, Kapolres Bungo Sampaikan Pesan Menpora

Pemerintah Kabupaten Bungo beserta jajaran dan unsur Forkopimda menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019).

Jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda, Kapolres Bungo Sampaikan Pesan Menpora
pemkab humas
Kapolres Jadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda di Bungo. 

Jadi Inspektur Upacara Sumpah Pemuda, Kapolres Bungo Sampaikan Pesan Menpora

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Pemerintah Kabupaten Bungo beserta jajaran dan unsur Forkopimda menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2019).

Dalam upacara yang digelar di lapangan Kantor Bupati Bungo itu, Kapolres Bungo, AKBP Trisaksono Puspo Aji ditunjuk sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya, dia mengatakan, upacara tersebut merupakan satu di antara bentuk meneladani apa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu yang telah berjuang demi bangsa Indonesia.

"Begitu banyak ragam suku, bangsa, agama, ras, tapi mereka bisa bersatu dan saat ini kita seharusnya lebih baik dari pendahulu kita," katanya.

AKBP Trisaksono juga membacakan amanat dari Menpora RI, Zainudin Amali.

Dalam amanat itu, Menpora berpesan agar pemuda mampu mewujudkan cita-cita bangsa dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. Saat ini, kehidupan pemuda seperti dua mata pisau. Di satu sisi, memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Tampil dengan Pakaian Adat, Anak-anak SD di Sarolangun Buat Upacara Sumpah Pemuda Lebih Menarik

Pilkades Serentak, Pemkab Muarojambi Beri Dispensasi PNS untuk Memilih

Belum Ada Putusan Pusat, Pengumuman Seleksi CPNS di Batanghari Ditunda

Namun pada sisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif dari informasi-informasi yang bersifat destruktif, mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme.

Untuk itu, para pemuda perlu memfilter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

“Pemuda yang berkarakter dan tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas," kata Kapolres, membacakan.

Selain itu, pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni. Lebih lanjut, pemuda juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Peringatan hari Sumpah Pemuda ke-91 ini mengangkat tema Bersatu Kita Maju. Hal itu diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, terutama pemuda.

"Sebab, di tangan pemudalah Indonesia lebih maju. Pemuda yang dimaksud adalah pemuda yang memiliki karakter kapasitas kemampuan, inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” kata Kapolres.

Upacara itu juga dihadiri Bupati Bungo Mashuri, Wabup Bungo Safrudin Dwi Apriyanto, Sekda Bungo Ridwan Is, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan ASN di lingkup Kabupaten Bungo, instansi terkait, dan para pelajar di Kabupaten Bungo.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved