Berita Kerinci

Kopi Arabika Kerinci, Tembus Pasar Eropa, Setahun Bisa Produksi 500 Ton

Kopi Arabika Kerinci, Tembus Pasar Eropa, Setahun Bisa Produksi 500 Ton

Kopi Arabika Kerinci, Tembus Pasar Eropa, Setahun Bisa Produksi 500 Ton
tribunjambi/herupitra
Memperingati 70 Tahun hubungan bilateral Indonesia - Belgia, kedutaan Besar Belgia melakukan kunjungan ke Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Rombongan Kedubes Belgia, Mr.Giullaume Gossens, didampingi beberapa orang dari kementerian dan instansi terkait dari Pemerintah Indonesia, termasuk Pemrov Jambi, tiba di Kerinci, Sabtu (12/10/2019). 

Kopi Arabika Kerinci, Tembus Pasar Eropa, Setahun Bisa Produksi 500 Ton

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Produksi Kopi Arabika Kerinci, sekitar 500 ton pertahun. Dan, saat ini Kopi Arabika Kerinci, sudah mulai menembus pasar Eropa.

Kepala Dinas Koperindagkop Kerinci, Yodizal Ali mengatakan, Kopi Arabika Kerinci harga jualnya mengalami peningkatan setelah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis. Kini semakin diminati oleh pengusaha Kopi Arabika.

Dengan cita rasanya yang khas sebutnya, Kopi Arabika Kerinci telah memenuhi permintaan disejumlah negara seperti di Australia dan Amerika.

Tak Perlu Repot, Edelmann Sediakan Alat Penyeduh Kopi Lengkap, Cek Harganya

15,6 Ton Kopi Kerinci Jambi Diekspor Perdana ke Belgia, Dituntut Wujudkan Eskpor Berkelanjutan

Kondisi Udara Membaik Pasca Diguyur Hujan, Disdik Tanjab Timur Batal Liburkan Siswa

"Namun, petani Kopi Arabika yang tergabung dalam Koperasi pertanian hanya menjadi pemasok untuk eksportir. Dan, belum menjadi eksportir," ungkapnya.

Sehingga lanjutnya, merk Kopi Kerinci sering diganti oleh para eksportir yang membawa langsung Kopi Arabika Kerinci ke pasar dunia.

Namun kini ujarnya lagi, melalui kerja sama dengan Belgia, saat ini Petani kerinci yang berada di desa Jernih Jaya sudah mampu menjadi eksportir yang mengirim langsung Kopi Arabika Kerinci ke negara Belgia.

"Ini menjadi prestasi yang membanggakan, karena selama ini kelompok atau Koperasi Tani Kerinci hanya mampu menjadi pemasok untuk para eksportir," ucapnya.

"Dengan menjadi eksportir langsung ke Belgia, maka merk Kopi Arabika Kerinci akan dikenal luas oleh konsumen yang berada di negara Belgia," tambahnya.

Dijelaskannya, untuk harga jual Kopi Arabika Kerinci yang perdana diekspor langsung ke Belgia yakni, untuk jenis Wash Rp 80 ribu, Honey Rp 90 ribu, dan Natural Rp 100 ribu.

"Saat ini Kopi Arabika Kerinci mampu diprediksi sekitar 41 ton perbulan dan bisa mencapai sekitar 500 ton pertahun," jelasnya.

Ia menyebutkan, pihaknya Dinas Koperindagkop Kerinci, terus mendorong agar kelompok tani atau koperasi dapat meningkatkan produksi Kopi Arabika dan melakukan pengolahan dengan baik. Dimana saat ini ada lebih dari 290 koperasi yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan di kabupaten Kerinci.

"Diharapkan akan banyak koperasi yang dapat melakukan ekspor produk mereka ke luar negeri," pungkasnya.

Kopi Arabika Kerinci, Tembus Pasar Eropa, Setahun Bisa Produksi 500 Ton (Heru Pitra/Tribunjambi.com)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved