21 Titik Panas Terpantau di Jambi, BMKG Sebut Kabut Asap di Kota Jambi dari Tetangga

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulthan Thaha Jambi mendeteksi puluhan titik panas di wilayah Provinsi Jambi.

21 Titik Panas Terpantau di Jambi, BMKG Sebut Kabut Asap di Kota Jambi dari Tetangga
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala BMKG Stasius Meteorologi Kelas I Jambi, Addi Setiadi. 

21 Titik Panas Terpantau di Jambi, BMKG Sebut Kabut Asap di Kota Jambi dari Tetangga 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulthan Thaha Jambi mendeteksi puluhan titik panas di wilayah Provinsi Jambi.

Berdasarkan pantauan sensor modis (Satelit Terra & Aqua) dan Suomi NPP (Tingkat Kepercayaan >50%). Setidaknya ada 21 titik panas terdeteksi pada Jumat (11/9/2019). Titik panas ini terpantau pada update pukul 19.00 WIB malam tadi hingga pukul 05.00 wib pagi tadi.

21 titik panas tersebut berada di tiga Kabupaten yakni, di Muaro Jambi 9 titik panas, Kabupaten Tanjung Jabung Timur 11 titik panas, dan Kabupaten Bungo satu titik panas.

Sebelumnya titik hotspot di wilayah Provinsi Jambi sempat terpantau nihil pasca hujan mengguyur sejumlah wilayah di Provinsi Jambi.

Satresnarkoba Polresta Jambi Temukan 1 Kg Sabu di Kaleng Roti

Cerita Kapten Inf Yudha Mengajar Anak-anak SAD di Lokasi TMMD

Fachrori Umar Utus Idham Kholid Ambil Formulir PPP

Kepala BMKG Stasius Meteorologi Kelas I Jambi, Addi Setiadi, menyebutkan, sebenarnya beberapa waktu ini beberapa wilayah di Provinsi Jambi berpotensi diguyur hujan dengan intesitas sedang hingga lebat.

"Tapi hujan ini kalau kita perhatikan sebentar-sebentar, sehingga tidak memadamkan api semuanya, apalagi di lahan gambut," kata Addi.

Untuk kondisi kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi pagi hari ini, dikatakan Addi, jarak pandang masih bersifat fluktuatif antara 1000-3000 meter. "Alhamdulillah semakin siang jarak pandang lebih baik," ujarnya.

Namun menurut Addi, asap yang kembali menyelimuti Kota Jambi bukan berasal dari peristiwa karhutla di wilayah Provinsi Jambi saja melainkan dari daerah tetangga yakni Sumatra Selatan yang terbawa angin.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved