Pilkada Batanghari Dimulai 26 Oktober, Berikut Jadwal Tahapannya

Tahapan Pilkada Batanghari 2020 pada 26 Oktober nanti yakni melakukan penetapan jumlah persyaratan dukungan dan penyebaran pasangan calon perseorangan

Pilkada Batanghari Dimulai 26 Oktober, Berikut Jadwal Tahapannya

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemilihan kepada daerah (Pilkada) di Kabupaten Batanghari semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari tak lama lagi bakal memulai tahapan pemilihan umum (Pemilu).

Belum lama ini juga, Bupati Batanghari bersama KPU Kabupaten Batanghari melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

NPHD yang diteken dan diserahkan oleh Bupati Batanghari untuk KPU Batanghari ditetapkan anggaranya sebesar Rp20.946.642.000.

Ketua KPU Kabupaten Batanghari, A Kadir mengatakan, tak lama lagi tahapan Pilkada Batanghari sudah bisa dimulai dengan menggunakan dana yang sudah disahkan pada tahapan pertama yaitu Rp 203 juta.

Baca: Kabupaten Batanghari Jadi Contoh Sistem E-Voting Pilkades Berbasis NIK KTP di Indonesia

Baca: Optimis Dapat Dukungan, Cek Endra Ambil Formulir Penjaringan di Tiga Parpol

Baca: Disbunnak Batanghari Tak Lagi Salurkan Bantuan Sapi ke Peternak, Ada Apa?

"Pengajuan dana pilkada ini ada dua tahap, pada 2019 dan 2020. Tahun ini sudah disahkan sebesar Rp 203 juta. Sisanya dari jumlah total yang diajukan akan diberikan tahun 2020," kata Kadir saat dikonfirmasi, Senin (7/10).

Dengan dana hibah dari Pemkab Batanghari ini, menurutnya sudah mencukupi karena akan digunakan dengan membayarkan dengan KPPS, KPPK, dan biayai kampanye paslon dan untuk pembiayaan persyaratan lainnya.

"Intinya bisa kita maksimalkan," ujarnya.

Pihaknya akan memulai tahapan pemilu pada 26 Oktober nanti yakni melakukan penetapan jumlah persyaratan dukungan dan penyebaran pasangan calon (Paslon) perseorangan atau Independent.

"Lalu pada 25 November sampai 8 Desember kita akan melakukan pengumuman syarat minimal dukungan," ujarnya.

Ia melanjutkan, selanjutnya pihaknya akan melaksanakan penyampaian syarat dukungan perseorangan paslon bupati dan wakil bupati pada 11 Desember 2019 - 5 Maret 2020.

"Lalu untuk pendaftaran paslon bupati dan wakil bupati dilaksanakan pada 16 Juni 2020 sampai 18 Juni 2020. Lalu, pengumuman atau penetapan paslon pada 8 Juli 2020," tambahnya.

Kadir mengatakan, setelah itu akan dilakulan pemungutan suara pada 23 September 2020. Ini tertuang dalam PKPU no 15 tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

Baca: 500 Pelanggar Lalu Lintas Lolos, Dishub Kota Jambi Akui Kesulitan Kirim Surat Tilang

Baca: Tak Tuntas di Lembaga Adat, Sengketa Lahan PT Minimex dan Warga Sarolangun Berlanjut ke Pengadilan

"DPT terakhir KPU Kabupaten Batanghari pada Pemilu 2019 kemarin yaitu 192.629. Walau belum melakukan penetapan, tapi masyarakat sudah bisa menilai. Karena syarat dukungan itu kan minimal 10 persen dari DPT yang telah ditetapkan pada pemilu terakhir," katanya. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved