Luas Lahan Terbakar di Tanjab Timur Mencapai 700 Hektar Lebih

Tercacat luasan lahan terbakar akibat karhutlah di Tanjabtim sudah mencapai 700 hektar lebih.

Luas Lahan Terbakar di Tanjab Timur Mencapai 700 Hektar Lebih
Tribunjambi/Abdullah Usman
Petugas BPBD Tanjab Timur melakukan pengukuran lahan terbakar. 

Luas Lahan Terbakar di Tanjab Timur Mencapai 700 Hektar Lebih

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Tercacat luasan lahan terbakar akibat karhutlah di Tanjabtim sudah mencapai 700 hektar lebih, petugas terus melakukan pengukuran di sisa lahan yang terbakar, Senin (30/9).

Dikatakan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanjabtim Rahmad Hidayat mengatakan, sejauh ini luasan kebakaran yang terjadi di Tanjabtim sudah mencapai angka yang cukup tinggi. 

"Dari hasil pengukuran tahap awal lalu sudah lima ratusan lahan yang terbakar, sekarang jumlah tersebut bertambah menjadi 738,28 H lebih kurang," jelasnya.

Jumlah tersebut bertambah dari data sebelumnya, dimana ada penambahan dari tiga titik dari Kecamatan Mendahara, Pematang Rahim dan Mencolok. 

Baca: Mulai Diguyur Hujan, Tanjab Timur Masih Diselimuti Kabut Asap Meski Titik Api Hilang

Baca: Harga Emas Naik, Gadai Emas Makin Diminati di Jambi

Baca: Seminggu Terjadi 22 Kasus Kejahatan di Kotabaru, Kapolsek Minta Warga Tidak Teledor

Baca: Nunggak 8 Bulan, Listrik Stadion KONI Merangin Diputus PLN, Tagihan Sampai Jutaan

"Sementara Kecamatan Dendang, Sabak Barat Sadu yang termasuk luasan besar yang terbakar belum terukur secara keseluruhan, jika itu sudah selesai bisa saja lebih besar dari jumlah yang ada saat ini," jelasnya.

Dikatakannya pula, saat ini tim di lapangan masih ada namun tidak bertugas melakukan pemadaman atau pendinginan melainkan pengukuran. Dimana dalam pengukuran tersebut masih menggunakan cara manual.

"Saat ini setiap titik ada dua petugas yang melakukan pengukuran secara manual, target pengukuran rampung pada tanggal  2 Oktober nanti yang merupakan batas akhir status siaga darurat berlaku," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya luasan lahan terbakar mencapai  523,84 Ha namun masih luasan sementara yang sudah diukur. Diantaranya di Desa Jatimulyo, Catur Rahayu, Mencolok namun yang diukur ini baru kategori lahan terbakar ukuran kecil belum lahan yang terbakar untuk ukuran besar jika sudah diukur total diperkirakan luasan mencapai ribuan hektar. (usn)

 

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved