Berita Jambi

Atasi Kawasan Kumuh di Kota Jambi, Upaya Pemkot Jambi Tanggulangi Kemiskinan

Atasi Kawasan Kumuh di Kota Jambi, Upaya Pemkot Jambi Tanggulangi Kemiskinan

Atasi Kawasan Kumuh di Kota Jambi, Upaya Pemkot Jambi Tanggulangi Kemiskinan
Tribunjambi/Rohmayana
Atasi Kawasan Kumuh di Kota Jambi, Upaya Pemkot Jambi Tanggulangi Kemiskinan. Pelatihan dalam rangka program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Rabu (25/9/2019) di Ruang Pola kantor Wali Kota. 

Atasi Kawasan Kumuh di Kota Jambi, Upaya Pemkot Jambi Tanggulangi Kemiskinan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Upaya meningkatkan kualitas hidup dan peningkatan perekonomian warga, Pemerintah Kota Jambi, berkomitmen dalam menata kawasan kumuh.

Maulana, Wakil Wali Kota Jambi megnatakan, dengan ditatanya kawasan kumuh dalam kota, maka akan mengangkat martabat warga, juga meningkatkan sisi kesehatan.

“Warga dengan kualitas hidup yang lebih sehat, maka menjaga perekonomian keluarga,” kata Maulana saat membuka pelatihan dalam rangka program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Rabu (25/9/2019).

Baca: MTQ Tingkat Provinsi di Bungo, Pemkot Jambi Mulai Persiapkan Para Kafilah

Baca: Video Call dengan Pendemo, Bupati Al Haris Janji akan Datang ke Batang Kibul, Merangin

Baca: Firdaus, Terdakwa Kasus Korupsi Embung di Tebo, Divonis 1,5 Tahun Penjara

Lebih lanjut Maulana menyebutkan, yang disasar adalah 34 titik daerah kumuh. Masing-masing ada yang dianggarkan Rp 1 miliar, Rp 1,5 miliar sampai Rp2 miliar.

"Tergantung tingkat yang akan dibangun. Harapannya dengan perbaikan kawasan kumuh ini mempunyai dampak yang sangat luas dalam rangka program penanggulangan kemiskinan secara umum,” imbuhnya.

Maulana berharap, kegiatan ini juga diikuti dengan inkubasi bisnis. Bagaimana warga masyarakat ditingkat pendapatannya secara ekonomis, dengan memberikan akses permodalan dengan bagi hasil yang sangat rendah.

Baca: Ratusan Mahasiswa Bungo Unjuk Rasa di Gedung DPRD Bungo, Ini 7 Point Tuntutan Mahasiswa

Baca: Terdakwa Gelapkan 6 Mobil Rental, Ada Pajero dan Triton, Ini Kata Hakim Kepada Korban di Persidangan

Baca: Ada Potensi Hujan di Lokasi Karhutla Kurun 25 Hingga 27 September, Prakiraan BMKG Jambi Waspadai Ini

Kepala Balai Prasarana Permukiman wilayah Jambi, Azna Legawati mengatakan, pembangunan infrastruktur selain meningkatkan ekonomi riil, juga dapat menyerap tenaga kerja yang cukup besar.

Keterlibatan masyarakat khususnya kegiatan padat karya, tugas pembangunan infrastruktur pemukiman masih akan terus dilaksanakan untuk mengatasi kesenjangan kualitas antar wilayah, antara kawasan penanganan permukiman kumuh dan pendapatan masyarakat.

"Semua pihak dapat saling mendukung dan mewujudkan infrastruktur berkualitas. Melalui kepedulian dengan pola pengawasan yang transparan dalam rangka percepatan pencapaian target pembangunan," katanya.

Lanjut Azna menambahkan, program ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai target RPJMN 2015-2019 dan dirancang untuk memperkuat pemerintah daerah dalam hal ini kelurahan, serta memberdayakan masyarakat sebagai bagian terutama untuk pengurangan kawasan kumuh di daerah perkotaan.

Atasi Kawasan Kumuh di Kota Jambi, Upaya Pemkot Jambi Tanggulangi Kemiskinan  (Rohmayana/Tribunjambi.com)

Penulis: Rohmayana
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved