Editorial

Jambi Muara Kopi Semesta

Dengan tagline Jambi Muara Kopi Semesta, sudah saatnya kopi Jambi menembus semua lapisan pasar dunia

Jambi Muara Kopi Semesta
tribunjambi/herupitra
Festival Kerinci yang digelar 3 hingga 7 Oktober 2018, menjadi surga bagi pecinta kopi. Di even tahunan yang sudah menjadi agenda nasional ini digelar Festival Kopi 1.000 Kerinci.

ACARA International Coffee Day yang akan digelar 1-4 Oktober nanti di Jambi, menjadi momentum bagi kita semua untuk membawa kopi Jambi semakin mendunia. 

Festival Kopi Internasional tahun ini memang akan digelar di Provinsi Jambi.

Acara tingkat dunia yang bakal dihadiri tidak saja tamu nasional, namun juga internasional tersebut, bisa menjadi agenda pariwisata sekaligus upaya melestarikan budaya kuliner atau minuman yang ada di sini.

Dengan tagline Jambi Muara Kopi Semesta, sudah saatnya kopi Jambi menembus semua lapisan pasar dunia dan menjadi salah satu andalan hasil bumi Indonesia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Ariansyah menyebutkan, dipilihnya Provinsi Jambi sebagai tuan rumah karena Provinsi Jambi dianggap sebagai salah satu pengekspor kopi.

Kita setuju, karena ekspor kopi kita dari Kerinci, tidak saja untuk pasar lokal Indonesia, tapi juga tembus sampai keluar seperti ke Amerika, Belanda, Australia dan Jepang.

Menurut Ariansyah, kopi Jambi juga dianggap memiliki rasa atau tase yang sangat unik, dan di setiap event selalu mendapat Juara.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika petani kopi di Kerinci pernah diundang pada event festival kopi Asia di Singapura.

Hal itu sekaligus membuktikan bahwa kopi Jambi, di antara semua kopi yang ada di Indonesia, sebenarnya bisa dikategorikan sebagai kopi juara.

Guna mempersiapkan acara besar ini, pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran dan segala sesuatunya.

Baca: Kuy, Ikutan Lomba di Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara dan Festival Kopi Internasional

Baca: BI, OJK dan PHRI Dukung Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara dan Festival Kopi Internasional

Baca: Jelang Internasional Kopi Day di Jambi, Bakal Ada Kejutan untuk Pecahkan Rekor Muri

Gelaran event Festival Kopi Internasional tersebut, selain mendapat dukungan pemerintah daerah, baik eksekutif maupun legislatif, juga disambut antusias warga Jambi

Kegitan festival kopi, nantinya juga kan diramaikan dengan lomba foto dan vlog tentang kopi.

Festival Kerinci yang digelar 3 hingga 7 Oktober 2018, menjadi surga bagi pecinta kopi. Di even tahunan yang sudah menjadi agenda nasional ini digelar Festival Kopi 1.000 Kerinci.
Festival Kerinci yang digelar 3 hingga 7 Oktober 2018, menjadi surga bagi pecinta kopi. Di even tahunan yang sudah menjadi agenda nasional ini digelar Festival Kopi 1.000 Kerinci. (tribunjambi/herupitra)

Selain itu akan dirangkai dalam lima kegiatan yakni pembukaan yang diselingi dengan tarian dan sebagainya, kemudian pemeran ekspo kopi, kegiatan duta kopi, seminar kopi, serta trip kopi.

Diharapkan acara festival kopi ini nantinya terus dihidupkan dan dilestraikan agar menjadi ikon pariwisata dan pengikat talisilaturahmi warga.

Semoga tradisi ini terus berkembang di tengah kemajuan zaman. Tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan. Jambi muara kopi semesta, ***

Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved