Berita Jambi

BI & Museum Siginjei Jambi Bersinergi, Persiapkan Event Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara

BI dan Museum Siginjei Jambi Bersinergi, Persiapkan Event Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara

BI & Museum Siginjei Jambi Bersinergi, Persiapkan Event Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara
TRIBUNJAMBI/DENI SATRIA BUDI
Ilustrasi. Pengunjung Museum Siginjei Kota Jambi, Kamis (21/12/2017). 

BI dan Museum Siginjei Jambi Bersinergi, Persiapkan Event Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - 12 Oktober 2019 mendatang, telah ditetapkan menjadi Hari Nasional Museum Indonesia.

Rangkaian acara memperingati Hari jadi museum se-Indonesia satu di antaranya tiap tahun diadakan event Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara.

Tahun ini, Provinsi Jambi dipercaya menjadi tuan rumah untuk event Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara. Kegiatan ini akan berlangsung dari 17-21 September 2019 di Museum Siginjei Jambi.

Baca: Idap Penyakit Berbahaya, Artis Senior Ini Siapkan Kain Kafan, Batu Nisan dan Wasiat untuk Keluarga

Baca: VIDEO: Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Gelar Pameran Mata Uang Kuno, Ada Logam, Kertas, Batu & Kain

Baca: Ingin Bangun Museum di Situs Perahu Kuno di Tanjabtim, Pemkab Alami Kendala

Kegiatan ini akan dihadiri seluruh museum yang ada di Indonesia. Museum akan membawa dan memamerkan kain-kain tradisional kuno. Kain tersebut akan dipajang di dalam Aula Gedung Museum Siginjei Jambi selama pameran berlangsung.

Pihak Museum Siginjei Jambi yang menjadi tuan rumah event tersebut turut mengajak Bank Indonesia Jambi untuk bersinergi dalam rangka mensukseskan kegiatan ini.

Hal ini disampaikan Bayu Martanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi melalui Eva Ariesty, Manajer Fungsi Pelaksanaan dan Pengembangan UMKM Bank Indonesia Jambi.

Baca: 5 Desa Berpotensi Jadi Ekowisata di Kawasan Bentang Alam Bukit Tigapuluh, Ini yang Dilakukan BKSDA

Baca: TMMD Kodim Sarko Segera Dimulai, Rencanakan Benahi Kampung SAD di Lubuk Jering, Sarolangun

Baca: 39 Pejabat Eselon II Pemprov Jambi Segera Diasesmen, Bulan Ini Ditargetkan Selesai

Bentuk sinergi yang kita berikan antara lain memberikan bantuan program sosial Bank Indonesia berupa TV Wall yang akan diletakkan di Museum Siginjei Jambi.

"TV Wall ini nantinya akan berfungsi sebagai media untuk pengunjung Museum mencari tahu informasi tentang sejarah dan budaya di provinsi Jambi," ujarnya saat dihubungi via telepon, Selasa (3/9/2019).

Selain itu, bantuan sosial lainnya yakni berupa alat pengolah limbah batik atau IPAL. Alat pengolah limbah batik rencananya akan diresmikan pada tanggal 20 September pagi, berlokasi di Kelurahan Jelemu, Kecamatan Pelayangan Seberang Kota Jambi.

"Untuk TV Wall akan diresmikan pada saat pembukaan pameran di Museum Siginjei Jambi pada tanggal 17 September 2019. Direncanakan Gubernur Jambi langsung yang akan meresmikannya.

Bentuk sinergi lainnya Bank Indonesia dan Museum Siginjei Jambi yakni dilaksanakannya penyelenggaraan Fashion Show dan Talk Show. Topik yang akan dibahas mengenai Batik Jambi sebagai perpaduan sejarah, seni, budaya dan gaya hidup.

Pada kegiatan fashion show akan menampilkan Batik Jambi yang didesain dengan konsep modern. Fashion show yang menggandeng desainer Caroline bertema Make With Love (MWL).

"Harapannya dari kegiatan ini, batik Jambi bisa menjadi tuan rumah di Jambi, selama ini kita lihat kebanyakan orang-orang Jambi masih menggunakan batik luar. Jadi, kita mau mendorong supaya masyarakat melihat begini loh batik Jambi jika dibentuk dalam pakaian modern," jelasnya.

BI & Museum Siginjei Jambi Bersinergi, Persiapkan Event Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara (Fitri Amalia/Tribun Jambi)

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved