Bawaslu Terima Laporan Pelanggaran Administrasi Keputusan KPU Sarolangun

Bawaslu Provinsi Jambi menerima laporan pelanggaran administrasi terhadap keputusan KPU Sarolangun dan KPU RI.

Bawaslu Terima Laporan Pelanggaran Administrasi Keputusan KPU Sarolangun

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bawaslu Provinsi Jambi menerima laporan pelanggaran administrasi terhadap keputusan KPU Sarolangun dan KPU RI.

Keputusan KPU Sarolangun yang menetapkan Aang purnama, M. Syaihu dan Azakil Azmi sebagai calon terpilih berbuntut pada laporan ke Bawaslu Provinsi Jambi.

Laporan tersebut dimasukkan oleh warga negara Indonesia bernama Ismet Isnaini. Dimana laporan yang diterima pihak Bawaslu diterima pada Senin (26/8/2019). Laporan tersebut disertai bukti SK, surat menyurat dan bukti lainnya sehingga layak dan memenuhi unsur untuk diregister Bawaslu.

Pada hari ini (29/8/2019) pihak Bawaslu melakukan sidang pendahuluan. Hal ini diungkapkan oleh Wein Arifin komisioner Bawaslu Provinsi Jambi kepada Tribunjambi.com.

Baca: Cairan Hitam Menyembur Keluar dari Pipa Pertamina, Begini Penjelasan Pertamina EP Jambi

Baca: Meninggal Saat Bertugas, Serda Rikson Diusulkan Naik Pangkat

Baca: Heboh, Hanya dengan Rp 9 Bisa Makan Sepuasnya di Jamtos

Baca: BMKG Prediksi Awal Musim Hujan di Jambi Bulan Oktober

Baca: Ombusman : RSUD Mayjen H.A Thalib Kerinci Memprihatinkan

"Memang ada laporan terhadap tiga orang caleg di Sarolangun. Dan tadi sudah dilakukan sidang pendahuluan," ungkap Wein Arifin.

Pasca sidang pendahuluan tersebut, pada Senin (2/9/2019) pihak Bawaslu baru akan mengeluarkan keputusan dari sidang pendahuluan tersebut. Apakah benar, para terlapor telah melakukan pelanggaran administrasi sebagaimana yang dilaporkan atau tidak.

"Saat ini kami tidak berandai-andai. Keputusan sidang pendahuluan akan dibacakan pada Senin depan," ungkap Wein.

Dalam laporannya, pelapor menyatakan bahwa tiga orang calon terpilih DPRD Sarolangun tersebut masih aktif sebagai anggota DPRD dari partai sebelumnya. Dan pihak KPU Sarolangun tetap menetapkan Aang Purnama, Azakil Azmi dan M Syaihu sebagai calon terpilih. Hal itu dianggap sebagai pelanggaran administrasi yang telah dilakukan oleh KPU Sarolangun dan KPU RI. (Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved