Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Bakal Diperiksa Kemendagri Menyusul Pelesiran ke LN

Dalam waktu dekat ini, pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana memeriksa Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah. Pemeriksaan terhadap

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Bakal Diperiksa Kemendagri Menyusul Pelesiran ke LN
Kolase Warta Kota/Andika Panduwinata
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Surat Sekretaris Jenderal Kemendagri. 

TRIBUNJAMBI.COM- Dalam waktu dekat ini, pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana memeriksa Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah.

Pemeriksaan terhadap Arief ini dilakukan terkait dugaan adanya pelanggaran yang dilakukan olehnya.

Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri, Nelson Simanjuntak, mengatakan, pihaknya akan memeriksa Arief Wismansyah menyusul adanya laporan warga yang menyebutkan Wali Kota Tangerang tidak pernah mengajukan permohonan izin dinas ke luar negeri (LN).

“Kronologinya itu awalnya ada masyarakat yang melaporkan ke kami. Setelah itu kami langsung tindak lanjuti,” ujar Nelson kepada Wartakotalive.com, Selasa (20/8/2019).

Pernyataan resmi ini dikeluarkan melalui surat Sekretariat Jendral Kemendagri tertanggal 15 Agustus 2019. Yakni perihal menindak lanjuti laporan Aliansi Rakyat untuk Penegakan Hukum terkait Permohonan Pemeriksaan Atas Dugaan Perjalanan Dinas Luar Negeri Tanpa Izin Menteri yang telah dilayangkan pada medio 1 Agustus 2019 lalu.

“Setelah SK (surat kuasa) ditandatangani oleh menteri, baru kami langsung lakukan pemeriksaan. Dibuat tim khusus yang datang ke Tangerang nanti,” ucapnya.

Dalam surat yang dilayangkan tersebut terdapat dua point.

Pertama, berdasarkan hasil verifikasi terhadap database perjalanan dinas luar negeri, tidak terdapat pengajuan permohonan ke luar negeri bagi Wali Kota dan rombongan aparatur sipil negera (ASN) Kota Tangerang dalam kurun waktu yang dilaporkan.

Kedua, berkenaan dengan pengaduan dari masyarakat dugaan kepergian Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah beserta rombongan tersebut akan dilakukan langkah - langkah pemeriksaan atas kebenarannya dan proses lebih lanjut.

“Di point kedua kami akan minta Inspektorat Jendral (Itjen) melakukan klarifikasi. Itjen akan turun ke Tangerang melakukan pemeriksaan berdasarkan data - data dan alat bukti lainnya,” kata Nelson.

Halaman
12
Editor: andika arnoldy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved