Info BPJS Kesehatan

Pastikan Validitas Peserta PBI, Kemensos Terbitkan Keputusan Baru, BPJS Kesehatan Beri Penjelasan

Dari jumlah itu, 37.761 peserta PBI JK Non BDT yang dinonaktifkan berasal dari wilayah Kantor Cabang Jambi dengan 35.750 peserta pengganti Jambi.

Pastikan Validitas Peserta PBI, Kemensos Terbitkan Keputusan Baru, BPJS Kesehatan Beri Penjelasan
IST
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Elshe Theresia 

Pastikan Validitas Peserta PBI, Kemensos Terbitkan Keputusan Baru, Kepala BPJS Kesehatan Jambi Beri Penjelasan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 79 Tahun 2019, per 1 Agustus 2019 Kementerian Sosial akan menonaktifkan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatan sejumlah 5.227.852 jiwa.

Dari jumlah itu, 37.761 peserta PBI JK Non BDT yang dinonaktifkan berasal dari wilayah Kantor Cabang Jambi dengan 35.750 peserta pengganti Jambi.

Menanggapi hal itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Elshe Theresia mengatakan, penonaktifan dan perubahan ini disebabkan karena data peserta PBI tersebut belum terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) sesuai SK Mensos Nomor 8 Tahun 2019 tentang data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu tahun 2019, yang ditetapkan pada tanggal 30 Januari 2019.

Dalam Pasal 5 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2012 disebutkan bahwa Data Terpadu merupakan dasar penentuan jumlah nasional PBI Jaminan Kesehatan.

Oleh karena itu, BPJS Kesehatan turut melakukan sosialisasi masif untuk memastikan peserta PBI yang dinonaktifkan mengetahui informasi tersebut dan paham apa yang harus dilakukan agar tetap bisa mendapat jaminan layanan kesehatan.

“Langkah penonaktifan ini juga merupakan wujud keseriusan pemerintah dan BPJS Kesehatan dalam menindaklanjuti temuan BPKP soal anomali data peserta JKN-KIS beberapa waktu lalu. Harapan kami, penyempurnaan data ini bisa meningkatkan validitas data peserta PBI sehingga bantuan iuran JKN-KIS yang diberikan pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Elshe Elshe pun menjelaskan, pada tahap pertama, akan dinonaktifkan peserta PBI yang tidak terdaftar dalam BDT sebanyak 5.113.842 jiwa.

Sebagai penggantinya, ada 5.199.582 jiwa yang telah dilengkapi NIK valid dan terdaftar di Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Elshe juga mengatakan, penonaktifan dan perubahan peserta PBI tersebut tidak akan mengubah jumlah peserta PBI APBN tahun 2019.
Jumlahnya tetap 96,8 juta jiwa, sudah termasuk dengan perubahan dan pendaftaran bayi baru lahir dari peserta PBI.

Sementara untuk di Wilayah Kantor Cabang Jambi sebanyak 37.761 peserta PBI JK Non BDT yang dinonaktifkan dengan jumlah 35.750 peserta pengganti.

Halaman
123
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved