Diduga Api dari Tungku Tiga Bedeng di Bungo Ludes Terbakar, Hanya Tinggal Ayam di Kandang

Tiga bedeng di RT 02 RW 01 Kelurahan Bungo Timur, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo terbakar.

Diduga Api dari Tungku Tiga Bedeng di Bungo Ludes Terbakar, Hanya Tinggal Ayam di Kandang
ist
Tiga bedeng di RT 02 RW 01 Kelurahan Bungo Timur, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo terbakar. 

Diduga Api dari Tungku Tiga Bedeng di Bungo Ludes Terbakar, Hanya Tinggal Ayam di Kandang 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Tiga bedeng di RT 02 RW 01 Kelurahan Bungo Timur, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo terbakar. Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, Kamis (15/8/2019).

Informasi yang Tribunjambi.com himpun, rumah bedeng tersebut milik Dasril dan Haniris. Satu bedeng ditempati pemilik, satu bedeng ditempati anaknya, dan bedeng yang lain ditempati pengumpul barang bekas bernama M Nur.

Nur mengaku sangat terpukul atas musibah ini. Pria yang mengaku berpenghasilan Rp 30-50 ribu sehari ini tak memiliki apa-apa lagi, kecuali ternak ayam yang terletak di luar bedeng. "Idak ado lagi. Cuman ayam itulah," kata dia.

Tetangga korban, Nurma mengatakan, pemilik rumah sehari-hari bekerja sebagai pedagang. Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong.

"Orang yang punya rumah ini, pagi-pagi sudah pergi jualan. Rumah orang ini tadi kosong, idak ado orangnyo. Tadi tu, kami tengok ado asap tebal di belakang," terangnya.

Baca: Kebakaran Lahan di Pasar Baru Batanghari Terus Meluas, Petugas Masih Berjibaku Padamkan Api

Baca: KSOP Kuala Tungkal Sertifikasi 112 Kapal Nelayan 7 GT

Baca: Stroke dan Jantung Serang Usia Muda, Maulana Beri Tips Tetap Sehat, Kurangi Sampah Plastik dan Rokok

Baca: 45 anggota DPRD Kota Jambi Terpilih akan Dilantik Jumat Depan

Baca: 3096 Hektare Sawah di Jambi Alami Kekeringan, Dinas Pertanian Siapkan Padi Gogo

Dugaan sementara, api berasal dari tungku tempat memasak yang menggunakan kayu bakar. Percikan api menyambar ke dinding dapur, hingga kobaran api membesar.

Terpisah, Kasi Penyelamatan dan Pemadaman Damkar Bungo, Ariyanto membenarkan informasi itu. Dugaannya, tungku dapur yang digunakan untuk memasak lontong di belakang rumah ditinggal oleh pemiliknya dalam keadaan masih menyala.

"Berita kebakaran diterima sekira pukul 11.12 WIB. Petugas yang menerima laporan langsung menindaklanjuti dengan mengerahkan unit rescue, unit 09 dan 10, juga dibantu dengan TRC BPBD sebanyak 2 unit," katanya.

Namun, dia mengatakan, tim merasa kesulitan menuju lokasi kebakaran, lantaran akses jalan yang sempit.

"Sulitnya akses masuk menuju tempat kejadian sedikit menyulitkan penanganan, namun kebakaran dapat dikendalikan dan api dapat dipadamkan dalam waktu sekira 45 menit dengan menghabiskan air 20.000 liter," jelasnya.

Dalam peristiwa tersebut, kata dia, komandan pos Afdal menderita luka bakar 7 persen pada tangan kirinya dan telah mendapatkan pengobatan.

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved