Dhea Rizki Kurniawan Delegasi Jambi Ikuti Pertukaran Pemuda Indonesia Korea IKYEP

Jumlah delegasi Korea yaitu 20 orang, 18 peserta dan 2 pendamping. Jumlah yang sama dengan delegasi Indonesia

Dhea Rizki Kurniawan Delegasi Jambi Ikuti Pertukaran Pemuda Indonesia Korea IKYEP
IST
Dhea Rizki Kurniawan Delegasi Jambi Ikuti Pertukaran Pemuda Indonesia Korea IKYEP 

Dhea Rizki Kurniawan Delegasi Jambi Ikuti Pertukaran Pemuda Indonesia Korea IKYEP

 
TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dalam program Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor) atau Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP) ada dua fase yang dijalani yaitu fase Indonesia dan fase Korea.

Tahun ini fase Indonesia dilakukan terlebih dulu pada 26 Juni -4 Juli 2019 sehingga delegasi Korea datang terlebih dulu ke Indonesia. Dhea Rizki Kurniawan menjadi delegasi Jambi untuk mengikuti IKYEP ini.

“Beruntungnya tahun ini dari Korea juga seumuran dan memiliki background yang hampir mirip. Mereka lumayan kaget karena di Indonesia ada startup yang sudah meraih decacorn seperti Go-Jek. Bahkan delegasi Korea sempat mencoba menggunakan aplikasinya juga,” ungkap Dhea.

Baca: Warga Diimbau Jangan Asal Buang Puntung Rokok, 200 Hektare Lahan di Kabupaten Sarolangun Terbakar

Baca: 15 Titik Panas Hari Ini Terdeteksi di Provinsi Jambi di Tanjabbar, Kerinci, Merangin dan Sarolangun

Ia mengatakan kunjungan ke startup di Indonesia ini sesuai dengan tema future industri yang diusung dalam program IKYEP tahun ini. Selain Go-Jek kunjungan lainnya yaitu tokopedia.

Di fase Indonesia selain mengunjungi startup, daerah lainnya yang dikunjungi yaitu Sumedang. Bahkan delegasi kedua negara ini sempat tinggal bersama penduduk setempat.

“Di Sumedang delegasi Korea merasa takjub karena banyak motor sedangkan di Korea sendiri jarang ada motor. Mereka juga sangat senang dengan tahu Sumedang dan es kelapa. Bedanya es kelapa di Indonesia dan korea adalah di sana sangat kecil, mahal dan sulit didapat, hal ini kebalikan dengan di Indonesia,” ceritanya.

Selain tinggal bersama penduduk di Sumedang peserta IKYEP juga melakukan perjalanan ke Waduk Jati Gede, cultural peformance yaitu flash mob Indonesia menari bersama delegasi Korea.

Jumlah delegasi Korea yaitu 20 orang, 18 peserta dan 2 pendamping. Jumlah yang sama dengan delegasi Indonesia.

(IKYEP) merupakan kerjasama bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga Republik Korea.

Penulis: Nurlailis
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved