PT Wanamukti Wisesa di Tebo Jalin Kemitraan dengan Warga Kelola Kebun Karet

Direktur PT Wanamukti Meizani Irmadhiany berharap, dengan adanya kerjasama dengan petani karet, kemampuan budidaya karet dan akses pasar meningkat.

PT  Wanamukti Wisesa di Tebo Jalin Kemitraan dengan Warga Kelola Kebun Karet
Tribunjambi/Mareza
Direktur PT Wanamukti Wisesa dan ketua KTH Karang Jaya tandatangani Naskah Kesepakatan Kerjasama. 

PT  Wanamukti Wisesa di Tebo Jalin Kemitraan dengan Warga Kelola Kebun Karet.

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA TEBO - Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, PT Wanamukti Wisesa (WW) dan PT Lestari Asri Jaya (LAJ) akan melakukan pembinaan terhadap masyarakat di sekitar area izin Hutan Tanaman Industri (HTI).

Selain itu, kedua perusahaan tersebut juga akan menyerap tenaga kerja lokal, memberikan kesempatan usaha bagi usaha lokal, dan program pemberdayaan masyarakat lainnya.

Hal itu bertujuan agar memberikan dampak positif secara sosial dan ekonomi serta berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Untuk itu, perlu adanya kerjasama antara kedua belah pihak. Naskah Kesepakatan Kerja sama (NKK) ini ditandatangani antara PT WW dan KTH Karang Jaya, Desa Sungai Karang yang juga didukung oleh PT LAJ, di Kantor Desa Sungai Karang, Kecamatan VII Koto Ilir, Kabupaten Tebo.

Baca: BREAKING NEWS, Jago Merah Ngamuk di Nipah Panjang, Warga Masih Pontang-panting Padamkan Api

Baca: Nyambi Jadi PSK Online, Janda Anak Satu Pegawai Honorer di Jambi Pakai Modus Baru Ini Gaet Pelanggan

Baca: Sopir Truk Ternyata Polisi Aktif, Brigpol IP Ungkap Alasan Menembak Mati Pemalak

Baca: Bela Provinsi Jambi, Sarolangun Kirim Dua Atlet Dayung Terbaik untuk Kejurnas di Danau Sipin

Baca: Imbauan Bupati Haris Tak Digubris, Aktivitas PETI di Merangin Merajalela

Direktur Usaha Hutan Produksi (UHP) Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari, Istanto mengatakan, kemitraan dengan masyarakat harus dilakukan agar usaha HTI dapat berjalan lancar.

“Kemitraan perusahaan HTI dan masyarakat dilakukan mendukung industri karet nasional, mempertahankan kelestarian hutan produksi, dan memberikan akses kelola masyarakat terhadap hutan sehingga memberikan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar,” kata Istanto.

Sementara, Direktur PT Wanamukti Meizani Irmadhiany berharap, dengan adanya kerjasama dengan petani karet, kemampuan teknis budidaya karet dan akses pasar dapat meningkat.

“Dari kerjasama ini harapannya kapasitas petani menjadi meningkat, disamping tersedianya akses kepada pasar dengan harga yang lebih kompetitif,” ungkap Meizani.

Pelaksanaan program kerja sama itu diawali dari pertemuan yang difasilitasi oleh Tim Resolusi Konflik PT LAJ dan PT Wanamukti yang diwakili oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, KPHP Tebo Barat dan Camat VII Koto Ilir antara PT Wanamukti dan para petani di akhir Desember 2018.

Setelah pertemuan tersebut, dilakukan identifikasi dan pemetaan partispatif. Para petani kemudian secara proaktif membentuk Kelompok Tani Hutan Karang Jaya yang kemudian disahkan Kepala Desa Sungai Karang.
Kerja sama ini melibatkan 18 orang petani karet dengan total luasan kurang lebih 40 hektare.

Ketua KTH Karang Jaya, Hosmon Ovezar menyambut baik kerjasama ini. Dia mengharapkan kerjasama ini akan saling menguntungkan bagi kedua pihak, baik perusahaan maupun KTH.

"Apa lagi dengan pola yang ditawarkan akan ada perjanjian kerjasama jangka panjang yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, keterampilan dan kesejahteraan bagi petani," kata Hosmon Ovezar.

Baca: Ada Bungker di Markas Kelompok SMB Penganiaya TNI di Jambi, Ditemukan Benda Haram Ini di Dalamnya

Baca: PKS vs Fahri Hamzah - Tak Kunjung Bayar Ganti Rugi Fahri Ajukan Permohonan Sita Paksa Aset Elite PKS

Baca: UPDATE Cessna Jatuh di Indramayu, Penyelam Terpaksa Menepi Bau Menyengat Sangat Tajam

Baca: Yamaha Tak Lagi Pakai Valentino Rossi, Pensiun atau Sudah Temukan Penggantinya?

Di kesempatan yang sama, Kepala KPHP Tebo Barat, Joko Sutrisno turut mengapresiasi program kemitraan yang dilakukan oleh PT Wanamukti Wisesa.

“Semoga ini bisa menjadi model yang diterapkan pada kelompok petani lainnya,” ujar Joko.

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved