Begini Cara Bijak Mengatasi Tantrum pada Anak

Bagi balita tantrum merupakan cara bagi mereka untuk keluar dari masalah. Penyebabnya ketika anak menginginkan sesuatu namun tidak bisa mengungkapkan.

Begini Cara Bijak Mengatasi Tantrum pada Anak
Tribunjambi/Aldino
Lola Diana selalu mengajak anaknya untuk bicara saat sang anak marah. 

Begini Cara Bijak Mengatasi Tantrum pada Anak

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bagi balita tantrum merupakan cara bagi mereka untuk keluar dari masalah. Penyebabnya ketika anak menginginkan sesuatu namun tidak bisa mengungkapkannya karena keterbatasan bahasa.

Sehingga mereka berteriak, mengeluarkan amukan sebagai cara untuk mengungkapkan keinginannya. Kendati demikian tantrum tidak bisa dibiarkan terus menerus karena akan menjadi kebiasaan buruk.

Salah satu cara untuk meredakannya yaitu dengan mengajaknya berbicara. Dengan begitu anak akan mengungkapkan perasaanya atau keinginannya.

Seperti yang dilakukan smart mom, Lola Diana. Ia mengungkapkan saat anaknya tantrum butuh waktu untuk meredakannya, setelah mereka tenang baru diajak berkomunikasi secara baik-baik.

Baca: Keluar dari Zona Nyaman, Shellen Tertantang untuk Menari di Tempat Umum

Baca: Beri 8 Catatan, Dewan Minta Pemkot Jambi Berikan Asuransi Jiwa untuk Tenaga Kontrak

Baca: Awalnya Malu, Kini Ia Jadi Juara Dancer

Baca: Hasil PPDB Kota Jambi akan Diumumkan Senin Besok Pukul 16.00

Baca: Niat Mengadu Nasib ke Jambi, Warga Sekayu Justru Alami Kecelakaan Maut dan Bernasib Tragis

“Meskipun mereka masih kecil dengan menatap matanya saya meyakini mereka akan bisa paham. Atau ditanyakan keinginannya seperti “adek ngantuk ya? Atau adek lapar ya” setelahnya baru diomongin baik-baik,” ungkapnya.

Mengenai penggunaan gadget, kedua anaknya Izzatunnisa Achmad (4) dan Gibran Ibnu Achmad (1,6) juga kerap diberikan dengan batasan. Menurutnya memang sekarang masanya dekat dengan teknologi. Melalui itu juga sebagai orang tua bisa memperoleh bahan seperti doa-doa, tontonan ramah anak, dan sebagainya tentang anak

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved