VIDEO: Nasib Hutan Pematang Damar, Habitat Anggrek Alam yang Terlupakan

Di tahun 2013 hutan Pematang Damar yang berlokasi di tiga desa di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muarojambi sempat menjadi pembicaraan dikanca nasio

VIDEO: Nasib Hutan Pematang Damar, Habitat Anggrek Alam yang Terlupakan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di tahun 2013 hutan Pematang Damar yang berlokasi di tiga desa di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muarojambi sempat menjadi pembicaraan dikanca nasional.

Ini dikarenakan kekayaan anggrek alam dari Pematang Damar sempat masuk jajaran terbaik dalam kontes anggrek di tingkat nasional.

Sejak itu pula, namanya banyak dikenal pecinta anggrek. Apa lagi di hutan purba seluas 240 hektare itu ditemukan hingga 84 jenis anggrek.

Bagi masyarakat Muarojambi, terutama di desa sekitar Pematang Damar anggrek atau zakat ini dikenal sebagai mahkota hutan.

Namun saat perusahaan Agro Bumi Lestari membangun kanal yag membelah hutan anggrek mengakibatkan kekeringan di kawasan hutan anggrek.

Baca: Nasib Hutan Pematang Damar Pacsa Kebakaran Gambut, Habitat Anggrek Alam yang Terlupakan

Baca: BPK Temukan Banyak Masalah di Laporan Keuangan Pemprov Jambi

Baca: Tak Terima Divonis 3 Tahun, Terdakwa Kasus Kredit Fiktif Bank Mandiri Tebo Ajukan Banding

Baca: Bupati Romi Ingin Usulan 6 Kelurahan Jadi Desa Dibatalkan

Baca: Baliho Cek Endra Mulai Bermunculan di Jalan Sarolangun

Ini pertama kalinya hutan Pematang Damar yang selama ini dikenal sebagai sumber air yang mengairi sawah warga di tiga desa mengalami kekeringan.

Akibatnya 2015 tepat dibulan Juli secara tiba-tiba muncul 30 titik api mengelilingi hutan Pematang Damar yang dalam kondisi kering.

Pihak manggalaagni bersama komunitas Gerakan Muarojambi Bezakat (GMB) pun tak mampu memadamkannya. 240 hektar kawasan hutan yang selama ini dikeramatkan warga yang juga menjadi surga anggrek pun hangus terbakar.

Padahal bukan hanya surga bagi angrek alam berkembang biak, kawasan yang di perjuangkan menjadi lokasi konservasi anggrek ini juga menjadi sumber penghidupan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved